Musirawas kembangkan obyek wisata Danau Aur

id danau, objek wisata

Musirawas kembangkan obyek wisata Danau Aur

Objek wisata danau (Foto antarasumsel.com)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musirawas, Sumatera Selatan, memprogramkan untuk mengembangkan potensi obyek wisata Danau Aur menjadi multi fungsi, sehingga bisa menambah pendapatan asli daerah setempat.

Penjabat Bupati Musirawas, Riki Junaidi kepada wartawan, Senin mengatakan sebelum dilakukan pengembangan di obyek wisata Danau Aur itu akan dilakukan normalisasi yaitu pengerukan endapan lumpur.

Selain itu membersihkan enceng gondok yang mengganggu lalu lintas transportasi air saat membawa pengunjung keliling danau tersebut.

Ia mengatakan, obyek wisata Danau Aur terletak di Kecamatan Sumber Harta itu, saat ini sudah memiliki fasilias pendukung untuk para tamu yang berkunjung, seperti rumah pondokan, warung terapung, ruang rapat dan perpustakaan terapung.

Setelah dilakukan normalisasi maka obyek wisata itu akan ditambah beberapa fasilitas lainnya agar selain bisa menjadi obyek wisata andalan juga akan meningkatkan pendapatan daerah setempat.

"Pengembangan obyek wisata itu dananya sudah diusulkan ke DPRD untuk disetujui, yang diharapkan pelaksanaan pembangunannya bisa dimulai," katanya.

Ketua DPRD Kabupaten Musirawas Yudi Fratama mengatakan obyek wisata Danau Aur itu merupakan satu-satunya potensi untuk dikembangkan pemerintah daerah.

"Kami akan mendukung pembangunan faslitas pendukung di kawasan itu termasuk pengerjaan nomalisasi karena airnya mulai dangkal," ujarnya.

Ia mengatakan, obyek wisata itu kedepan akan dijadikan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Musirawas, sehingga seluruh sektor akan ditingkatkan untuk menunjang potensi Danau Aur tersebut.

Pontensi Danau Aur itu masih perlu dilakukan perbaikan terutama pelaksanaan normalisasi seperti yang diinginkan pihak pengelola dan masyarakat.

Sumber air Danau Aur itu juga bisa dimanfaatkan untuk bahan baku air bersih bagi masyarakat di beberapa kecamatan sekitar, apa lagi pada musim kemarau warga sekitar itu kekurangan air bersih, ujarnya.