KPU tetapkan pasangan Bupati OKU

id kpu sumsel, komisi pemilihan umum, kuryana aziz, johan anuar, bupati oku, pilkada oku

KPU tetapkan pasangan Bupati OKU

Pasangan bupati/wakil bupati terpilih pemenang Pilkada 9 Desember 2015 yakni Kuryana Azis-Johan Anuar (Foto:antarasumsel.com/Edo Purmana)

Baturaja, (ANTARA Sumsel) - KPU Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menetapkan pasangan bupati/wakil bupati terpilih pemenang Pilkada 9 Desember 2015 yakni Kuryana Azis-Johan Anuar setelah Mahkamah Konstitusi menolak permohonan sengketa diajukan Hj Percha-Nasir Agun.

Pasangan Percha-Nasir berdasarkan penolakan MK terbukti kalah dengan raihan 39,1 persen suara dari 12 kecamatan, sisanya 60,90 persen suara diperoleh pasangan Kuryana-Johan dengan dukungan 115.208 suara dari jumlah surat suara sah pada Pilkada 9 Desember 2015.

"Setelah penetapan pemenang Pilkada Ogan Komering Ulu (OKU), kini kondisi di daerah itu tenang dan kondusif, kata Kapolres OKU AKBP Dover C di Baturaja, Kamis.

Ia menyatakan ini merupakan bukti sudah semakin pahamnya warga setempat akan arti perbedaan politik

"Suasana inilah dambaan kita semua, saya menilai warga OKU sudah pintar berpolitik. Pilkada sudah selesai saatnya kita kembali menyatukan pemahaman dan pandangan politik yang tadinya sempat berbeda," katanya.

Menurut Kapolres, meski dengan keyakinan OKU kondusif, aparat kepolisian tidak boleh lengah dan terus siaga hingga calon terpilih dilantik.

"Selanjutnya, deteksi situasi setiap saat terus kami pantau, sampai dengan saat ini semuanya baik saja dan berjalan lancar," katanya.

Sebelumnya Ketua KPU OKU, Naning Wijaya mengakui jika pihaknya baru bisa menyerahkan hasil pleno penetapan pasangan calon bupati/wakil bupati terpilih ke DPRD setempat.

"Kebetulan unsur pimpinan dewan kita sedang dinas luar, kami sudah jadwalkan Jumat siang (29/1) menyerahkan hasil Pleno penetapan pasangan calon bupati/wakil bupati.

Setelah itu tugas KPU sebagai penyelenggara pilkada selesai, semua tahapan sudah berjalan sesuai mekanisme, katanya.