Musi Banyuasin berdayakan kelompok pelestari hutan

id pemkab, musi banyuasin, sekda muba, sohan majid, pelestarian hutan, hutan, kesatuan pengelolah produksi

Musi Banyuasin berdayakan kelompok pelestari hutan

Kebakaran hutan lahan di Desa Pulo Geronggang, Kab Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Muba, Sumsel, (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan memberdayakan kelompok pelestari hutan atau Kesatuan Pengelola Hutan Produksi untuk mencegah terjadinya kerusakan hutan dan lahan.

"Untuk mencegah terjadinya kerusakan hutan dan lahan yang semakin parah perlu dilakukan upaya penyelamatan dengan memberdayakan kelompok pelestari hutan atau Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) yang dibentuk sejak setahun terakhir," kata Sekda Musi Banyuasin Sohan Majid, di Sekayu, Kamis.

Menurut dia, melalui kelompok pelestari hutan, pihaknya berupaya membina masyarakat yang selama ini mengandalkan mata pencariannya atau sumber pendapatan keluarga dengan merambah hutan secara tidak sah atau ilegal.

Masyarakat yang tergabung dalam kelompok pelestari hutan itu akan diberikan kesempatan mengelola lahan dengan luasan tertentu.

Plt Bupati Muba Beni Hernedi telah menyediakan payung hukum untuk pemberdayaan warga sekitar hutan, seperti peraturan menteri, peraturan daerah, peraturan bupati, dan telah menunjuk petugas pendamping dari Dinas Kehutanan setempat.

Dia menjelaskan, dengan adanya kelompok pelestari hutan tersebut, pihaknya optimistis secara bertahap bisa mengurangi kegiatan perambahan hutan dan pada akhirnya akan hilang dengan sendirinya.

Selain untuk menertibkan kegiatan perambahan hutan, kelompok tersebut diharapkan dapat memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan, serta mencegah timbulnya konflik pemanfaatan lahan.

Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan Kabupaten Muba bisa menjadi paru-paru dunia karena semua lahan kritis bakal kembali hijau dan tidak ada lagi kegiatan penebangan liar yang dapat mengancam kelestarian lingkungan hidup, kata dia.