Pemprov minta PLTU berdekatan dengan gardu

id pembangkit listrik, pltu, gardu, kadis pertambangan sumsel, robert heri

Pemprov minta PLTU berdekatan dengan gardu

Ilustrasi - Pembangkit Listrik Tenaga Uap (ANTARA FOTO)

....Selama ini Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) lokasinya berjauhan dengan gardu atau berada di luar daerah sehingga itu harus diupayakan tidak ada lagi....
Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kepala Dinas Pertambangan Sumatera Selatan Robert Heri meminta lokasi pembangkit listrik tenaga uap dimulut tambang harus berdekatan atau satu wilayah dengan gardu.

"Selama ini Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) lokasinya berjauhan dengan gardu atau berada di luar daerah sehingga itu harus diupayakan tidak ada lagi," kata dia usai rapat tentang PLTU mulut tambang di Palembang, Kamis.

Dia mencontohkan, keberadaan gardu induk Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) namun PLTU di Kabupaten Muaraenim, Sumsel.

Dengan jauhnya jarak antara gardu dan PLTU maka akan tetap memerlukan transmisi, ujar dia.

"Yang jelas bila PLTU berdekatan dengan gardu akan lebih efisien untuk menghemat biaya," kata dia.

Menurut dia, Sumsel saat ini memiliki PLTU mulut tambang di antaranya Sumsel I, Sumbangsel I, Sumsel 5 sampai Sumsel 10.

Dari Total keseluruhan tenaga listrik yang akan dihasilkan PLTU mulut tambang itu lebih dari 5.000 MW.

Sekda Provinsi Sumatera Selatan Mukti Sulaiman mengatakan pembangunan kelistrikan perlu terus dikoordinasikan agar lebih efisien dan bermanfaat untuk kepentingan bersama, tambah dia.