Kampung Arab Palembang berbenah jelang Asian Games

id kampung arab, objek wisata, wisata palembang, asian games

Kampung Arab Palembang berbenah jelang Asian Games

Ilustrasi - Sejumlah atlet pencak silat menghadiri peluncurkan logo dan maskot Asian Games Jakarta - Palembang 2018 di Jakarta. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Kampung Al Munawar yang biasa disebut "Kampung Arab" di Kelurahan 13 Ulu, Palembang, berbenah untuk menjadi objek wisata unggulan pada perhelatan Asian Games ke-18 tahun 2018.

Sejumlah pekerja sedang membuat tiang penyangga dermaga berbahan kayu unglen di Sungai Musi atau persisnya bersebelahan dengan Masjid Al Munawar itu, Kamis.

Ketua RT Kampung Arab, Muhammad AK, mengatakan Pemprov Sumatera Selatan sudah berkomunikasi dengan warga kampung untuk menjadikan kawasan ini sebagai objek wisata religi.

"Pembicaraan intens sudah dilakukan sejak awal tahun, dan sebulan terakhir sudah terlihat kemajuannya, seperti pembuatan dermaga, dan pembersihan kawasan dari sampah yang dilakukan pada akhir pekan lalu," kata Muhammad.

Ia mengemukakan warga kampung yang terdiri dari 75 kepala keluarga atau berpenghuni sekitar 250 orang ini, pada dasarnya telah menyetujui keinginan pemerintah itu.

Sejumlah warga semula sempat khawatir jika nantinya wisatawan yang datang tidak mengenakan pakaian yang sopan, seperti bercelana pendek.

Namun, karena perwakilan dari Dinas Pariwisata mengatakan akan menyiasatinya dengan membuat gerbang di depan kampung sebagai tempat untuk memberikan pakaian, seperti kain atau selendang, akhirnya keinginan ini mendapatkan respons positif.

"Sejauh ini kawasan cagar budaya Al Munawar ini sudah dipetakan pemerintah, apa saja yang harus diperbaiki, dan sarana prasarana yang harus ditambah. Rencananya jalan akan diperbaiki, rumah-rumah akan dicat, dan akan ada fasilitas umum seperti toilet dan lainnya," kata dia pula.

Kepala Bidang Sejarah dan Purbakala Dinas Pariwisata Sumsel Candra Amprayadi mengatakan, pembenahan Kampung Arab ditargetkan rampung pada 2016, agar pada 2017 sudah bisa dikunjungi wisatawan.

"Malahan direncanakan ada rumah yang bisa menyediakan jasa `homestay` untuk menampung pengunjung yang ingin menginap untuk penelitian dan lainnya," kata Candra lagi.

Kampung Arab hingga kini tetap terjaga kelestariannya meskipun sudah berusia sekitar 400 tahun lalu, yakni ketika pertama kali dibangun oleh Syed Abdurrahman bin Muhammad Al Munawar (keturunan Yaman yang menikah dengan putri Sultan, yakni Masayu Bariyah).

Di kampung ini terdapat delapan rumah berarsitektur limas (rumah kayu khas Palembang) dan indis (rumah beton bergaya Eropa) yang berada di bantaran Sungai Musi.

Salah satunya sebuah rumah limas berusia 373 tahun berukuran sekitar 30x16 meter yang didiami sekitar 9--10 kepala keluarga.

Kampung Arab ini sudah ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya oleh pemerintah, dan saat ini ditempati oleh generasi kelima Syed Abdurrahman bin Muhammad Al Munawar.

Asian Games ke-18 tahun 2018 di Indonesia akan dilaksanakan di DKI Jakarta dan Palembang, Sumsel.