Forum Nelayan Sumsel dorong RUU nelayan disahkan

id nelayan, ruu nelayan, kesejahteraan nelayan

Forum Nelayan Sumsel dorong RUU nelayan disahkan

Ilustrasi - Nelayan (Foto Antarasumsel.com/Arina S.)

Palembang, (ANTARA Sumsel) - Forum Kube Nelayan Tangkap Sumatera Selatan mendorong dan menyambut baik rancangan Undang-undang tentang Perlindungan Nelayan segera disahkan sehingga bisa meningkatkan taraf hidup nelayan.

"Kita mendorong dan menyambut baik RUU nelayan untuk disahkan di DPR RI pada Maret nanti," kata Ketua Forum Kube Nelayan Tangkap Sumatera Selatan, Murnadi di Palembang, Jumat.

Menurut dia, dengan adanya RUU itu diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan nelayan tangkap dalam mendapatkan perumahan, BPJS dan minyak dengan membangun SPBU terapung.

"Kita berharap nanti semua itu diterapkan di Sumatera Selatan untuk nelayan tangkap tradisional, karena sekitar 80 persen adalah sungai," katanya.

Ia mengatakan, ada sekitar 500 orang lebih nelayan yang memiliki kartu nelayan dan diusulkan untuk mendapatkan fasilitas tersebut.

Intinya dengan RUU itu diharapkan nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan tangkap di daerah ini dengan sejumlah program seperti perumahan bagi nelayan.

Ia menuturkan, seperti untuk program KUR para nelayan tangkap selalu gagal dalam mendapatkannya, karena itu ke depan diharapkan nelayan bisa memperolehnya dengan mudah sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Bila KUR itu bisa dipermudah bagi nelayan tangkap tentunya bisa digunakan untuk membuat bahan olahan ikan seperti membuat kerupuk ikan, kemplang dan lainnya, katanya.