Gempa Bengkulu terasa hingga ke Lubuklinggau

id gempa, gempa bengkulu, gempa terasa di lubuklinggau, bmkg

Gempa Bengkulu terasa hingga ke Lubuklinggau

Ilustrasi - Gempa dan Tsunami (Foto Antarasumsel.com/dok.BMKG)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Guncangan gempa berkekuatan 5,9 Skala Richter di wilayah barat daya Provinsi Bengkulu, terasa di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan dan sekitarnya, sehingga warga sempat berhamburan keluar rumah.

Perdian salah seorang warga Kota Lubuklinggau, Minggu, mengatakan gempa itu terasa usai melakukan senam pagi yang biasa dilakukan bersama warga di Kota Lubuklinggau di Simpang tiga jalan lintas Sumatera setempat.

Ia mengatakan gempa di wilayah Bengkulu terasa di wilayah Kota Lubuklinggau dan sekitarnya seperti pernah terjadi pada tahun 2000 berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) dan pada tahun 2007 berkekuatan 7,9 SR.

Dampak gempa Bengkulu waktu itu banyak rumah yang rusak dan retak-retak, meskipun tidak ada korban jiwa, namun yang terjadi hari ini masih membuat trauma warga Kota Lubuklinggau.

"Kami berharap Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) secara aktif mengakses kejadian gempa tersebut dalam jaringan internet, karena begitu gempa terjadi masyarakat ingin tahu dimana lokasi dan besar getarannya," ujarnya.

Informasi dihimpun dan BMKG Provinsi Bengkulu menyebutkan gempa terjadi pukul 09.14 WIB berada pada 4.32 Lintang Selatan dan 102.09 Bujur Timur, gempa itu tidak berpotensi tsunami, ujar sumber itu.