Belanda dukung visi poros maritim Indonesia

id jokowi, presiden jokowi, maritim, poros maritim indonesia, tol laut, belanda dukung poros maritim

Belanda dukung visi poros maritim Indonesia

Presiden RI Joko Widodo (ANTARA FOTO)

Rotterdam (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Belanda mendukung visi Indonesia sebagai poros maritim dunia dan sepakat bahwa laut, Teluk dan Samudera merupakan masa depan semua pihak.

Menteri Infrastruktur dan Lingkungan Hidup Belanda Melanie Schulz di Rotterdam, Jumat, mengungkapkan hal itu ketika Presiden Jokowi blusukan di pelabuhan Rotterdam.

Melanie Schulz mengatakan bahwa Pemerintah Belanda sangat bahagia karena dapat menunjukkan bagaimana Belanda mengelola lautan yang menjadi kebanggaannya.  

"Merupakan kebanggaan Pemerintah Belanda untuk menunjukkan bagaimana mengelola lautan tanpa merusak lingkungan", kata Menteri Schulz.

Setibanya di Port Rotterdam, Presiden Jokowi disambut oleh Wali Kota Rotterdam, Ahmed Aboutaleb dan CEO Port of Rotterdam, Allard Calestein.

Setelah berfoto bersama di dermaga, Presiden Jokowi menaiki kapal James Cook yang membawa Presiden Jokowi beserta rombongan mengelilingi Komplek Maasvlakte II.

Itu merupakan kompleks pelabuhan baru hasil reklamasi. Presiden dan rombongan berlayar dari Dermaga Maasvlakte II menuju Dermaga Hoek van Holland.

Di atas kapal, Presiden Jokowi mendapat penjelasan mengenai pengelolaan pelabuhan, termasuk terminal kargo dan pengolahan minyak serta Maeslantkering.

Maeslantkering merupakan teknologi penahan banjir yang menyerupai pintu air raksasa yang secara otomatis akan tertutup ketika terjadi badai di lautan. Dengan demikian, pintu air ini dapat menangkal banjir.

Mendampingi Presiden Jokowi, Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi; Menteri Perdagangan, Thomas Lembong; Sekretaris Kabinet, Pramono Anung; dan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja.