Bandara Silampari siap hadapi lonjakan penumpang

id bandara, airport, bandara silampari

Bandara Silampari siap hadapi lonjakan penumpang

Jalur penerbangan Silampari Lubuklinggau (FOTO ANTARA)

Lubuklinggau (ANTARA Sumsel) - Pengelola Bandar udara Silampari, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan, sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi lonjakan penumpang lebaran dan libur anak sekolah agar semuanya aman dan berjalan lancar.

Kepala Bandar udara (Bandara) Silampari Rudi Pitoyo, Minggu mengatakan untuk itu pihaknya telah melakukan inspeksi ke lapangan agar pelayanan terhadap pengguna jasa tetap lancar dan nyaman.

Ia mengatakan persiapan jelang liburan sekolah dan bulan puasa mendatang harus dilakukan pengecekan situasi dan kondisi sekitar bandara termasuk fasilitas terminal dan lainnya.

"Kita akan selalu berupaya semaksimal mungkin untuk meminimalisasi segala potensi yang muncul, mulai dari yang akan menghambat pelayanan hingga hal-hal yang terkait dengan keamanan dan keselamatan penumpang serta kegiatan penerbangan," katanya.

Inspeksi itu untuk pengecekan fasilitas, sarana dan prasarana Bandar Udara, sehingga kondisi sarana prasarana dan fasilitas dalam batas aman dan terkendali.

Jika ada kelonjakan penumpang menjelang libur sekolah dan lebaran, maka pihak bandara akan melakukan peningkatan pelayanan baik dalam area pelantaran maupun di sepanjang landasan pacu.

Khusus di dalam terminal, area kedatangan dan keberangkatan maupun area parkir kendaraan penumpang, keamanan akan ditingkatkan dengan menambah personil pengamanan bandara.

Untuk menghilangkan aksi-aksi yang berpotensi mengganggu kenyamanan dan pelayanan tersebut tidak cukup hanya dilakukan oleh pihak bandara saja, tapi membutuhkan kepedulian dari masyarakat setempat.

Meski demikian, tegasnya, tetap perlu ada keikutsertaan semua pihak, termasuk pengguna jasa untuk tertib megikuti aturan serta dengan tegas menolak jasa di luar yang mereka tawarkan.

Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe melalui Humas Perdian mengatakan Bandara Silampari mulai Juni 2016 akan dilayani maskapai Garuda, sedangkan yang ada saat ini baru dilayani maskapai Nam Air.

Kepastian masuknya PT Garuda ke wilayah itu setelah ditanda tangani nota kesepahaman antara pemerintah Kota Lubuklinggau dengan Manajemen PT Garuda Indonesia beberapa waktu lalu, katanya.