Danau Aur Musirawas dipadati pengunjung

id danau, danau aur

Danau Aur Musirawas dipadati pengunjung

Ilustrasi - Dua orang anak-anak bermain di perahu wisata di Danau Napabale, Desa Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. (FOTO ANTARA)

Musirawas (ANTARA Sumsel) - Berbagai obyek wisata di Kabupaten Musirawas, khususnya Danau Aur di Kecamatan Sumberharta, sejak Kamis (5/5) hingga saat ini dipadati pengunjung, sehingga jumlah pendapatan dihimpun pengelolanya naik mencapai 40 persen.

Sumarno (48) salah seorang pengelola obyek wisata Danau Aur, Sabtu mengatakan para pengunjung yang memadati kawasan itu berdatangan dari beberapa kabupaten tetangga, termasuk warga dari Provinsi Bengkulu, Jambi dan Kota Palembang.

Ia menjelaskan, pemasukan pada hari-hari biasa sekitar Rp1,2 juta, namun sejak tiga hari terakhir mencapai Rp4 juta-an, terutama dari hasil parkir kendaraan roda empat dan roda dua.

Selain itu dari hasil motor sungai mengelilingi danau tersebut yang jumlahnya belasan unit untuk berkapasitas 30 orang dan belasan unit berkapasitas empat orang.

Sedangkan uang masuk kawasan tetap seperti biasa hanya dipungut Rp2.000 per orang, parkir mobil Rp10 ribu per unit dan parkir sepeda motor Rp5.000 per unit.

Untuk jenis kendaraan roda empat dan roda dua setiap hari mencapai ratusan unit, karena setiap jam bergantian, sedangkan untuk berkeliling dalam kawasan itu gratis.

"Kami tidak memperkirakan kunjungan wisata meningkat mencapai 60 persen karena pada hari libur biasa tidak sepadat itu," katanya.

Fasilitas di sekitar Danau Aur itu selain menikmati perahu motor berkeliling danau, juga ada hiburan karaoke hampir di setiap gubuk terbuka, disamping telah disediakan perpustakaan terapung yang dipenuhi berbagai jenis buku.

Buku yang disediakan itu mulai dari cerita adat dan tradisi lokal hingga bacaan orang dewasa, namun untuk bacaan anak sekolah juga tersedia mulai dari cerita dongeng leluhur setempat hingga buku sejarah kerajaan Sriwijaya, ujarnya.

Kunjungan wisata itu juga memadati tiga obyek wisata dalam Kota Lubuklinggau yaitu kawasan wisata Air Terjun Temam, Watervang dan kawasan wisata Bukit Sulap.

Humas Pemerintah Kota Lubuklinggau, Perdian mengatakan kunjungan paling banyak diminati masyarakat adalah naik kereta rel ke atas Bukit Sulap karena pemandangan cukup indah dari ketinggian sekitar 800 meter.

Sedangkan obyek wisata Air Terjun Temam dan Watervang pengunjungnya hanya naik sekitar 25 persen dari hari-hari biasa, masih kalah dengan jumlah pengunjung ke Bukit Sulap mencapai 30 persen, ujarnya.***4***



(T.Z005/B/M033/M033) 07-05-2016 21:29:35