Menpar: festival kuliner jadi atraksi wisata

id kuliner, wisata, menteri pariwisata, wisata kuliner, kuliner atraksi wisata

Menpar: festival kuliner jadi atraksi wisata

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Fenny Selli)

...Indonesia yang memiliki begitu banyak kuliner khas tiap daerah tentu saja sangat menarik ditampilkan dalam berbagai festival...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan festival kuliner menjadi atraksi wisata yang mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi tempat festival itu.
         
"Indonesia yang memiliki begitu banyak kuliner khas tiap daerah tentu saja sangat menarik ditampilkan dalam berbagai festival," katanya dalam keterangan di Jakarta, Minggu.
        
Di berbagai daerah di Indonesia selama masa libur panjang akhir pekan ini menyelenggarakan festival kuliner khas daerah.
         
Kota Malang, Jawa Timur, misalnya menyelenggarakan festival kuliner tempo dulu di salah satu hotel di kota itu pada 5-7 Mei 2016.
         
Di festival itu para pengunjung menikmati berbagai kuliner khas daerah tempo dulu seperti pecel tumpang dengan bumbu tempe, lontong sayur, ayam bakar cocok, cui mie hingga beragam jajan pasar dan jamu tradisional.
         
Menurut Menpar di semua kota perlu menyelenggarakan festival kuliner sehingga menjadi atraksi tersendiri bagi wisatawan dan masyarakat setempat.
         
"Beragam jenis makanan khas daerah yang bisa diolah lagi, dilampirkan cerita seputar kuliner tersebut. Saya kira itu akan menaikkan pendapatan masyarakat, sekaligus menghibur wisatawan dengan karya kuliner yang hebat," kata Menpar yang menyukai beragam kuliner khas daerah itu.
         
Ia mengatakan wisatawan itu membelanjakan uang untuk kuliner hampir 30 persen dari anggaran wisata, selain akomodasi dan transportasi.
         
"Salah satu keasyikan berlibur itu adalah menikmati kuliner atau masakan khas Indonesia," katanya.