Peserta ONS keracunan gunakan air tak layak

id sikat gigi, air, peserta olimpiade sains nasional, peserta ons palembang, kadisdik sumsel, widodo

Ilustrasi. (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Puluhan peserta Olimpiade Sains Nasional di Palembang yang diduga keracunan akibat menggunakan air kurang layak, sehingga terpaksa dilarikan ke rumah sakit setempat.

Kemungkinan mereka bersikat gigi namun menggunakan air kurang layak, kata Kepala Dinas Pendidikan Sumsel, Widodo di Palembang, Rabu.

Menurut Widodo, bisa saja mereka terkena diare dan mual-mual karena menggunakan air yang kurang bersih untuk berkumur-kumur dan sikat gigi.

Dia mengatakan, dugaan sementara itu karena mereka setelah bekumur-kumur dan sikat gigi tidak lama kemudian merasa mual-mual.

Itu baru dugaan sementara dan saat ini permasalahan tersebut terus dikembangkan pihak yang berwajib, ujar dia.

Menurut dia, dengan kejadian dugaan keracunan itu pihaknya mengganti air mineral dan semua atlet yang berada di salah satu hotel di Palembang dipindahkan.

Semua atlet yang nginap di sana terpaksa dipindahkan ke hotel lain, dan diharapkan kejadian tersebut tidak terulang lagi, ujar dia.

Mengenai jumlah peserta yang merasakan mual-mual tersebut, dia mengatakan, mencapai 40 orang dan dua orang di antaranya sempat dirawat di rumah sakit setempat.

Namun, lanjut dia, kedua orang tersebut sudah dapat pulang dan telah bisa mengikuti perlombaan.

Mengenai perlombaan sendiri memang untuk yang berhalangan disesuaikan dengan kondisi masing-masing atau keadaan dan itu tidak menjadi masalah, katanya. (U005)
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar