Kemenpar promosikan "Wonderful Indonesia" di London

id kementerian pariwisata, pariwisata, promosi, wonderful indoensia, pesona indonesia, promosikan

Kemenpar promosikan "Wonderful Indonesia" di London

Ilustrasi - Salah satu objek wisata alam di Sumsel.(Foto Antarasumsel.com/Banu)

...Penggagas acara itu adalah sebuah komunitas warga Indonesia yang tinggal di London dan Kementerian Pariwisata memfasilitasinya...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Kementerian Pariwisata siap mempromosikan "Wonderful Indonesia" atau Pesona Indonesia di Potters Field, London, Inggris, pada 28-29 Mei 2016 untuk menjaring wisatawan mancanegara berkunjung ke berbagai destinasi pariwisata di Indonesia.
        
Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika Kementerian Pariwisata Nia Niscaya di Jakarta, Rabu, mengatakan pada promosi itu akan ditampilkan berbagai ragam budaya, wisata, fashion, dan kuliner Indonesia untuk menarik wisatawan mancanegara ke Indonesia.
        
Ia mengatakan penggagas acara itu adalah sebuah komunitas warga Indonesia yang tinggal di London dan Kementerian Pariwisata memfasilitasinya dengan mempromosikan daerah-daerah wisata lain di Indonesia.
        
Bagi Kemenpar, ajang promosi itu sangat strategis.
        
Potters Field adalah sebuah taman seluas 6.200 meter persegi yang berlokasi tak jauh dari ikon wisata Inggris, Tower Bridge dan Tower of London.
        
Saat akhir pekan, kawasan itu ramai dikunjungi puluhan ribu orang dari berbagai negara. Diharapkan, acara ini bisa menarik perhatian sekitar 70.000 orang warga London, yang melintas di kawasan Potter Fields.
        
Eropa, terutama Inggris, masih menjadi pasar pariwisata yang potensial bagi Indonesia.
        
Dari data Kementerian Pariwisata, sepanjang tahun lalu, jumlah wisatawan Eropa yang datang ke Indonesia sekitar satu juta orang. Mereka datang dari Inggris, Belanda, Jerman, Prancis dan Rusia.
        
Tahun lalu, jumlah turis Inggris ke Indonesia sekitar 230 ribu orang dan pada 2016 hingga Mei sudah 300 ribu orang atau meningkat 28,22 persen.
        
Nia mengatakan jumlah wisatawan asal negeri tetangga seperti dari Singapura dan Malaysia, atau dari China, jauh melampaui jumlah wisatawan Eropa.    
   
Namun, katanya, masa tinggal wisatawan Eropa di Indonesia jauh lebih panjang dengan uang yang dibelanjakan lebih banyak.
        
Menurut Nis, mereka rata-rata tinggal di Indonesia selama dua pekan dan rata-rata membelanjakan 2.500 dolar AS per orang.
        
Selain destinasi Bali, pada ajang itu juga akan dipromosikan 10 destinasi prioritas tahun ini yakni Danau Toba (Sumut), Tanjung Kelayang (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (Jakarta) , Borobudur (Jateng) Bromo - Tengger - Semeru (Jatim), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), Wakatobi (Sultra), dan Morotai (Maluku Utara).
        
Selain itu juga akan dipromosikan  kawasan Joglo Semar (Yogyakarta, Solo, dan Semarang) serta Banyuwangi (Jatim).
        
Menteri Pariwisata Arief Yahya memuji ide memilih lokasi promosi di Potters Field itu. Tempat itu saat ini dikunjungi ribuan orang, terutama yang sudah pernah membaca atau melihat film Harry Potter yang mendunia itu.