Harnojoyo janjikan layanan air bersih

id pdam, air bersih, harnojoyo

Harnojoyo janjikan layanan air bersih

Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Palembang Harnojoyo berjanji membuka akses layanan air bersih seluas-luasnya bagi warga yang berada di kawasan perbatasan.

"Ada sekitar 300 rumah yang belum menerima aliran PDAM dan besok akan langsung dipasangkan," kata Harnojoyo seusai acara pelantikan ketua Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) di kawasan Fantasi Island Kelurahan Karya Jaya Kecamatan Kertapati Palembang, Rabu.

Untuk membuktikan keseriusannya itu, Harnojoyo langsung memerintahkan Direktur PDAM Tirta Musi Cik Mit untuk merealisasikannya pada keesokan hari.

"Besok saya harus menerima laporannya karena warga di sini semuanya mau pasang," kata Harnojoyo.

Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Musi membutuhkan tambahan instalasi pengolahan air dan perbaikan infrastruktur untuk menyusul pertumbuhan jumlah pelanggan yang mencapai 11 persen per tahun.

Direktur PDAM Tirta Musi Cik Mit mengatakan kapasitas air yang bisa diolah dan ditampung di beberapa instalasi pengolahan air (ipa) saat ini hanya mampu menyuplai 10 juta meter kubik air baku atau hanya untuk 250 ribu pelanggan.

"Saat ini kapasitas produksi Tirta Musi sebanyak 3.738 liter per detik dengan kapasitas terpasang 3.870 liter per detik. Jika tidak diantisipasi dari sekarang maka tidak semua pelanggan dapat terlayani di masa datang, sementara pada 2019 ditargetkan seluruh masyarakat terlayani air bersih," kata dia.

Untuk itu, PDAM telah merencanakan suatu investasi jangka panjang untuk menjamin ketersediaan air bersih bagi warga kota Palembang hingga puluhan tahun mendatang.

Berdasarkan analisis mendalam, PDAM Tirta Musi membutuhkan suntikan modal berupa investasi hingga Rp1,1 triliun untuk pengembangan bisnis layanan serta pembangunan infrastruktur berupa instalasi pengelolaan air baru.

Sementara ini hampir 85 persen penduduk Kota Palembang telah merasakan layanan air bersih PDAM Tirta Musi.

Untuk meningkatkan capaian ini dan menjaga keberlangsungannya, Pemkot Palembang telah merencanakan pembangunan waduk seluas 100 hektare di Tanjung Barangan, Kecamatan Bukit Baru yang nantinya jadi sumber air baku PDAM sehingga tidak selalu mengandalkan Sungai Musi.