Disperindag Sumsel pantau harga jelang puasa

id kadisperindag sumsel, permana, disperindag sumsel, harga bahan pokok, sembako, pasar, ramadhan

Disperindag Sumsel pantau harga jelang puasa

Ilustrasi pasar tradisional (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Selatan memantau persediaan dan perkembangan harga bahan pokok menjelang Ramadhan dengan turun langsung ke sejumlah pasar tradisional di Palembang.

Dalam pemantauan pada beberapa pasar tradisional tersebut memang harga sebagian barang kebutuhan pokok mengalami kenaikan, namun masih batas normal, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel, Permana saat peninjauan di pasar Cende Palembang, Kamis.

Menurut dia, kenaikan tersebut karena permintaan meningkat terutama memasuki puasa Ramadhan ini.

Dia mencontohkan, harga daging sekarang sudah mencai Rp120 ribu yang sebelumnya masih kisaran Rp110 ribu per kilogram (kg).

Itu masih dalam batas wajar karena permintaan menjelang Ramadhan meningkat, sementara jumlah persediaan belum ada tambahan, ujar dia.

Dalam kesempatan itu pihaknya meminta kepada masyarakat supaya tidak membeli kebutuhan pokok secara berlebihan, tetapi sesuaikan dengan kebutuhan saja, katanya.

Hal ini karena persediaan sejumlah kebutuhan pokok cukup hingga puasa dan lebaran nanti, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir, kata Permana.

Sebelumnya Sekda Pemprov Sumsel, Mukti Sulaiman melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait membahas persediaan kebutuhan pokok menjelang puasa dan lebaran.

Dalam rapat tersebut dinyatakan kebutuhan pokok cukup untuk puasa dan lebaran mendatang, katanya.
(U005)