Pemkab Musi Banyuasin dukung SKPD benahi RUPM

id pemkab musi banyuasin, muba, skpd musi banyuasin, sekda muba, sohan majid

Pemkab Musi Banyuasin dukung SKPD benahi RUPM

Sekretaris Daerah (Sekda) Kab Musi Banyuasin (Muba) Sohan Majid (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Musi Banyuasin, Sumse(ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin mendukung satuan kerja perangkat daerah (SKPD) setempat untuk membenahi rencana umum penanaman modal (RUPM).

Dengan dilakukannya pembenahan diharapkan pelaksanaan RUPM dapat diselaraskan dengan perkembangan daerah, kata Sekda Musi Banyuasin Sohan Majid di Sekayu, Kamis.

RUPM disusun dengan visi terwujudnya Kabupaten Musi Banyuasin sebagai daerah tujuan investasi yang berdaya saing tinggi dan berkelanjutan.

Misinya, lanjut dia, untuk meningkatkan daya tarik pemilik modal dari dalam dan luar negeri melakukan investasi ke Bumi Serasan Sekate ini yang memiliki potensi kekayaan alam yang cukup besar, seperti minyak dan gas bumi, batu bara, serta perkebunan kelapa sawit dan karet itu.

Sejalan dengan amanah Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2012, RUPM kabupaten ini disusun berdasarkan potensi dan karakteristik yang dimiliki dengan tetap mengacu pada arah kebijakan penanaman modal yang telah ditetapkan pemerintah.

Menurut dia, untuk melakukan pembenahan RUPM itu perlu dilakukan penyamaan persepsi antara SKPD terkait sehingga jika ada investor yang akan menanamkan modalnya memanfaatkan salah satu potensi daerah ini bisa saling mendukung.

Penanaman modal adalah suatu upaya untuk menambah barang modal baru, seperti mesin, peralatan, dan pabrik, serta menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

Melalui upaya tersebut diharapkan tidak terjadi tumpang-tindih dalam penetapan prioritas sektor-sektor yang akan dikembangkan dan dipromosikan melalui kegiatan penanaman modal.