Dishub Palembang tertibkan parkir di jalan protokol

id dishub palembang, parkir, penertiban parkir, jalan protokol palembang, dinas perhubungan

Dishub Palembang tertibkan parkir di jalan protokol

Sejumlah Petugas Dishub Kota Palembang menggembosi kendaraan roda dua yang parkir diatas trotoar di Jln Kol Atmo, Palembang, Sumsel. Kamis (7/1). (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Perhubungan Kota Palembang menertibkan parkir liar di sejumlah jalan protokol untuk mengurangi kemacetan lalu lintas mengingat saat ini sedang dilakukan pembangunan jalur kereta api dalam kota (Light Rail Transit/LRT).

Kepala Bidang (Kabid) Transportasi Jalan dan Rel Dishub Kota Palembang Agus Supriyanto, Senin, mengatakan Dishub mulai menerjutkan personel untuk memantau lokasi yang kerap dijadikan parkir liar di sejumlah jalan protokol pada jam sibuk.

"Kemacetan membuat kota akan semakin semeraut di saat pembangunan sedang berlangsung, jadi sedapat mungkin harus dikurangi karena jika sudah parah bisa menggangu aktifitas masyarakat," kata dia.

Untuk itu, ia mengimbau pengendara untuk tidak memarkirkan kendaraan di pinggir jalan, terutama bagi pemilik dan pengunjung toko.

"Sebelumnya jalur jalan bisa digunakan empat hingga lima mobil, tapi karena ada pembangunan LRT jadi berkurang menjadi dua hingga satu mobil saja. Jika ditambah parkir liar lagi, tentunya akan menimbulkan kemacetan," kata dia.

Terkait kemacetan di pusat kota ini, Dishub juga memberlakukan contraflow di atas jembatan Ampera karena kemacetan yang terjadi selama ini disebabkan tingginya arus kendaraan yang menuju Ilir dari Ulu.

Selain itu juga diberlakukan buka tutup lajur pada pagi dan sore hari, hanya untuk jembatan Ampera.

Pekerjaan LRT sudah dimulai sejak akhir tahun 2015 dengan menggenjot pemasangan tiang pancang di lima zona dimulai dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Jalur LRT bernilai Rp7,2 triliun ini direncanakan sejauh 24,5 km dengan melewati 13 stasiun yang ditargetkan selesai sebelum pelaksanaan Asian Games ke-18 tahun 2018.