Pelayanan satu pintu Palembang terbaik se-Indonesia

id pemkot palembang, bkpm, pelayanan terpadu satu pintu, ptsp palembang, walikota palembang, harnojoyo, kppt

Pelayanan satu pintu Palembang terbaik se-Indonesia

Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang mendapatkan penghargaan dari Badan Koordinasi Penanaman Modal sebagai kota yang terbaik dalam pemberian Pelayanan Terpadu Satu Pintu ke para investor.

Wali Kota Palembang Harnojoyo, Selasa, mengatakan, prestasi ini menjadi pemicu semangat pemerintah kota untuk lebih giat dan profesional dalam bekerja melayani masyarakat.

"Dari semua kota di Indonesia, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Palembang meraih penghargaan PTSP terbaik tingkat kota mengalahkan kota-kota besar lainnya. Ini menjadi kebanggaan sendiri," kata Harnojoyo.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan penghargaan kepada PTSP terbaik untuk tingkat provinsi, kabupaten dan kota tahun 2016.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada penyelenggara PTSP di daerah berdasarkan hasil kualifikasi dari total 561 daerah provinsi, kabupaten, kota, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), kawasan perdagangan bebas, dan pelabuhan bebas.

Menurut Harnojoyo, terdapat enam kriteria yang dilakukan terhadap pemilihan PTSP terbaik, yakni adanya kelembagaan dengan melalui keputusan Pemda, penerapan layanan online, memiliki SOP, transparansi menyangkut besaran biaya ditetapkan secara terbuka, inovasi layanan, adanya insiatif dari pemda untuk memberikan insentif ke perusahaan mematuhi aturan.

Kualifikasi PTSP dilakukan oleh BKPM bersama Sekretaris Wakil Presiden, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN-RB, Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan, Bappenas, Sekretariat Negara, BPKP serta KPPOD.

Penghargaan terbaik tingkat kabupaten/kota untuk berbagai kategori diberikan ke Kabupaten Siak, Kabupaten Demak, dan Kabupaten Bonyolali, Kota Palembang, Kota Pekalongan, dan Kota Banjar.

Sedangkan penyelenggara PTSP terbaik tingkat provinsi diberikan ke Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur dan Sumatera Selatan.