Musi Banyuasin galakkan program P2KP

id pemkab musi banyuasin, pemkab muba, program p2kp, Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan, plt bupati muba, beni hernedi

Musi Banyuasin galakkan program P2KP

Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi (Foto Antarasumsel.com/13/Indra Goeltom/Aw)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, mendorong Badan Ketahanan Pangan setempat menggalakkan program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) yang telah berjalan dalam beberapa tahun terakhir.

Penggalakan program P2KP itu dilakukan untuk mengurangi ketergantungan konsumsi beras kabupaten ini dengan cara melakukan percepatan keanekaragaman konsumsi pangan, kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Selasa.

Dia menjelaskan, pertumbuhan penduduk terus mengalami peningkatan sedangkan pola makan masih belum beragam, bergizi, seimbang dan aman.

Sementara pertumbuhan produksi pangan khususnya beras cenderung mengalami penurunan akibat pemanasan global dan pesatnya alih fungsi lahan.

Melihat kondisi tersebut, pelaksanaan program percepatan penganekaragaman konsumsi pangan harus digalakkan untuk mengurangi ketergantungan konsumsi beras, katanya.

Menurut dia, perwujudan ketahanan pangan harus bertumpu pada sumber daya dan kearifan lokal, agar dapat menjadi wahana dalam mengembangkan budaya dan peradaban bangsa.

Melalui program P2KP diharapkan ketergantungan mengonsumsi beras di kabupaten ini secara bertahap bisa berkurang.

Kemudian pengoptimalan pemanfaatan perkarangan melalui konsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di wilayah kecamatan dalam Kabupaten Musi Banyuasin dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan bersama, kata dia.