Satu perusahaan kapal cepat Palembang-Bangka hentikan pelayanan

id angkutan kapal cepat, kapal cepat, kapal, pelayanan kapal cepat, palembang bangka

Satu perusahaan kapal cepat Palembang-Bangka hentikan pelayanan

Jumlah penumpang kapal cepat Palembang-Bangka menurun. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Kondisi tersebut kemungkinan mendorong pihak manajemen Sumber Bangka untuk menghentikan sementara pelayanan penumpang sambil menunggu kondisi normal menjelang Hari Raya Idulfitri...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Satu dari dua perusahaan jasa angkutan kapal cepat rute Palembang-Bangka yakni Sumber Bangka sejak beberapa pekan terakhir menghentikan kegiatan operasi atau pelayanan kepada masyarakat karena penumpang sepi.

"Akhir-akhir ini penumpang kapal cepat sepi, sebagian besar masyarakat beralih ke angkutan udara yang tarif tiketnya sekitar Rp300.000 tidak jauh berbeda dengan kapal cepat yang ditetapkan Rp200.000 untuk kelas eksekutif dan Rp230.000 untuk kelas VIP," kata Zainal salah seorang petugas di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Selasa.

Dia menjelaskan, jumlah pengguna kapal cepat sekarang ini paling banyak 100 orang atau di bawah 50 persen dari kapasitas tempat duduk yang mencapai 340 orang.

Kondisi tersebut kemungkinan mendorong pihak manajemen Sumber Bangka untuk menghentikan sementara pelayanan penumpang sambil menunggu kondisi normal atau terjadi lonjakan penumpang menjelang Hari Raya Idulfitri pada akhir Juni atau awal Juli 2016, katanya.

Menurut dia, dalam kondisi sepi sekarang ini, hanya ada satu kapal milik perusahaan penyedia jasa angkutan kapal cepat Exspress Bahari yang mempertahankan kegiatan operasi melayani rute pelayaran Palembang-Bangka.

Perusahaan itu mempertahankan pelayanan penumpang dengan sistem pengoperasikan satu kapal empat kali dalam sepekan dengan jadwal keberangkatan pada setiap hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu pukul 07.00 WIB dari Palembang dan pukul 10.00 WIB dari Bangka.

Dalam kondisi sepi penumpang sekarang ini, sebelum Sumber Bangka menghentikan sementara pelayanan penumpang, untuk menghindari persaingan tidak sehat dan menyiasati masalah sepinya pengguna jasa angkutan laut Palembang-Bangka, pihak perusahaan Express Bahari sepakat dengan pengelola kapal cepat Sumber Bangka membuat jadwal pelayaran secara bergilir satu hari berangkat satu hari libur, ujarnya menambahkan.