PON Jabar jadi kesempatan sosialisasi Asian Games

id asian games, pon jabar, pekan olahraga nasional

PON Jabar jadi kesempatan sosialisasi Asian Games

Atlet Wushu memperagakan sejumlah gerakan di sela peluncuran logo Asian Games 2018 di Istora Senayan, Jakarta. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Palembang(ANTARA Sumsel) - Pekan Olahraga Nasional ke-19 pada September akan dijadikan kesempatan bagi Provinsi Sumatera Selatan untuk menyosialisasikan Asian Games ke-18/2018 di Palembang, 8 Agustus-2 September.

Kepala Bidang Humas KONI Sumsel Darmansah di Palembang, Rabu, mengatakan sosialisasi ini akan dilakukan oleh pengurus KONI, atlet Sumsel, dan pejabat pemerintah provinsi dengan mengenakan seragam kontingen yang turut menampilkan logo Asian Games.

"Selain itu, direncanakan akan dibuka stan di pameran PON untuk mempromosikan Asian Games," kata Darmansah.

Kegiatan sosialisasi ini akan disamakan seperti yang sempat dilakukan di Singapura saat Olimpiade Remaja yakni dengan membagikan baju kaos, sovenir, dan buku petunjuk mengenai Kota Palembang.

"Harapannya dengan sosialisasi baik di dalam dan luar negeri, maka banyak yang akan datang ke Palembang untuk menonton pertandingan," ujar dia.

Sebanyak 37 cabang olahraga resmi ditetapkan akan dipertandingkan di pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018, yang digelar di Jakarta dan Palembang.

Cabang olahraga tersebut terdiri dari 28 cabor Olimpiade, delapan cabor non-Olimpiade, dan satu cabor tambahan berdasarkan hasil keputusan Rapat Kordinasi Komite (Corcom) ke-4 yang digelar di New Kuta Hotel a Lexington Legacy, Bali (11/5), dan tidak mengubah hasil Corcom ke-3 pada Januari lalu.

Cabang olahraga yang digelar di Palembang diantaranya adalah basket, menembak, triathlon, dayung, bola voli, kano/kayak, sepak bola, tenis, sepak takraw, sport climbing dan boling. Khusus untuk bowling merupakan cabang baru karena sebelumnya akan dipertandingkan di Jakarta.

Sedangkan jakarta menggelar cabang olahraga diantaranya panahan, berkuda, senam, modern pentathlon, renang, tinju, anggar, handball, tenis meja, atletik, final sepak bola putra, hocky, rugby, taekwondo, angkat besi, bulu tangkis, sepeda, golf, judo, layar, gulat, martials arts, kabaddi, kriket, squash dan baseball/softball.