Pengelola kapal cepat Palembang-Bangka tingkatkan pelayanan

id kapal cepat, kapal, boom baru, pelayanan kapal cepat, jadwal pelayananh kapal cepat kembali normal, jetfoil

Pengelola kapal cepat Palembang-Bangka tingkatkan pelayanan

Kapal cepat (jetfoil) rute Palembang-Bangka. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Pelayanan yang beberapa bulan terakhir hanya empat kali dalam sepekan, terhitung mulai hari ini dijadwalkan kapal cepat beroperasi setiap hari seperti kondisi normal...
Palembang (ANTARA Sunmsel) - Perusahaan jasa angkutan laut kapal cepat yang melayani rute Palembang-Bangka berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat menghadapi Hari Raya Idulfitri 1437 Hijriah/2016.

"Pelayanan yang beberapa bulan terakhir hanya empat kali dalam sepekan karena jumlah penumpang merosot tajam atau di bawah 50 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia, terhitung mulai hari ini dijadwalkan kapal cepat beroperasi setiap hari seperti kondisi normal, kata Ferry salah seorang petugas di Pelabuhan Boom Baru Palembang, Senin.

Selain jadwal pelayanan dikondisikan kembali setiap hari, satu perusahaan kapal cepat yang sebelumnya menghentikan kegiatan operasi karena penumpang sepi, menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan penumpang dan pengiriman paket barang menjelang tujuh hari (H-7) Lebaran Idulfitri yang diperkirakan jatuh pada 6 Juli 2016 segera beroperasi seperti biasanya, katanya.

Dia menjelaskan, dalam beberapa bulan terakhir satu dari dua perusahaan jasa angkutan kapal cepat rute Palembang-Bangka yakni Sumber Bangka menghentikan kegiatan operasi atau pelayanan kepada masyarakat karena penumpang sepi.

"Akhir-akhir ini penumpang kapal cepat sepi, sebagian besar masyarakat banyak beralih ke angkutan udara yang tarif tiketnya sekitar Rp300.000 tidak jauh berbeda dengan kapal cepat yang ditetapkan Rp200.000 untuk kelas eksekutif dan Rp230.000 untuk kelas VIP, menghadapi musim mudik Lebaran sekarang ini diharapkan seluruh kapal cepat beroperasi normal," ujarnya.

Menurut dia, jumlah pengguna kapal cepat sekarang ini paling banyak 100 orang atau di bawah 50 persen dari kapasitas tempat duduk yang mencapai 340 orang.

Menjelang Lebaran Idulfitri diharapkan jumlah penumpang bergerak naik dan mendorong pihak manajemen perusahaan kapal cepat terutama Sumber Bangka yang selama ini menghentikan sementara pelayanan penumpang dapat segera beroperasi normal.

Dalam kondisi sepi, hanya perusahaan penyedia jasa angkutan kapal cepat Exspress Bahari yang mempertahankan kegiatan operasi melayani rute pelayaran Palembang-Bangka.

Perusahaan tersbeut mempertahankan pelayanan penumpang dengan sistem pengoperasikan satu kapal empat kali dalam sepekan dengan jadwal keberangkatan pada setiap hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu pukul 07.00 WIB dari Palembang dan pukul 10.00 WIB dari Bangka, ujarnya menambahkan.