Pemprov Sumsel minta daerah lestarikan lingkungan

id pemperov sumsel, sekda pemprov sumsel, mukti sulaiman, lestarikan lingkungan, pemerintah daerah

Pemprov Sumsel minta daerah lestarikan lingkungan

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Mukti Sulaiman (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/16/den )

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan minta daerah kabupaten dan kota untuk melestarikan lingkungan, karena itu sangat dibutuhkan dalam kehidupan, kata Sekda Pemprov Sumsel, Mukti Sulaiman.

Apalagi dampak perubahan iklim sangat berpengaruh dalam kehidupan, sehingga lingkungan di daerah masing-masing perlu dilestarikan, kata Mukti Sulaiman saat sosialisasi pasca perubahan iklim di Palembang.

Menurut dia, pihak terkait supaya bersama-sama memberikan pemahaman tentang kebijakan yang berkaitan dengan perubahan iklim dan program lainnya.

Pemahaman itu harus dilakukan dari tingkat paling bawah, yakni desa karena masyarakat pedesaan perlu untuk digalakkan aksi mempertahakan ekosistem lingkungan hidup mereka.

Hal itu bertujuan untuk menjaga lingkungan hidup dari dampak perubahan iklim, karena terkadang semuanya akibat dari perbuatan manusia seperti pembakaran, penebangan hutan dan lainnya, katanya.

Apalagi akibat dari itu semua emisi gas rumah kaca seperti karbon dioksida, metana, nitrogen oksida dan sejumlah gas industri lainnya yang berdampak lebih tinggi.

Dia mengatakan, peningkatan itu disebabkan penggunaan bahan bakar fosil dan penebangan liar yang mengakibatkan terjadi penggundulan hutan.

Selain itu diharapkan Dinas Kehutanan dan Badan Lingkungan Hidup agar dapat membuat rencana aksi atau benar-benar mengawal masyarakat yang tidak memahami permasalahan perubahan iklim dan lingkungan hidup, ujar dia.

Sementara Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Kehutanan, Tharir Fathoni mengatakan, dalam rangka mensosialisasikan perubahan iklim dan langkah tindak lanjut pasca COP-21 Paris semua pihak harus menjaga temperatur bumi.

Bila temperatur di dunia ini naik 2 derajat, maka selter bencana akan terjadi di mana-mana karena muka air akan naik sekitar 60 meter, kata dia.

Sehubungan itu maka harus jadi perhatian bersama dalam menyelamatkan muka bumi ini agar tidak naik 2 derajat, tambah dia.