Pemkab Musi Banyuasin siapkan 600 beasiswa kuliah

id pemkab musi banyuasin, pemkab muba, beasiswa, beasiswa kuliah, plt bupati muba, beni hernedi

Pemkab Musi Banyuasin siapkan 600 beasiswa kuliah

Ilustrasi - Proses penyeelksian calon penerima beasiswa kuliah. (Foto Antarasumsel.com/14/Humas Muba)

Musi Banyuasin (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan pada 2016 ini menyiapkan 600 beasiswa bagi anak muda kabupaten setempat yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Program beasiswa bagi mahasiswa yang telah berjalan selama ini tetap dilanjutkan. Mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan berprestasi akan dibantu biaya pendidikannya hingga selesai," kata Plt Bupati Musi Banyuasin Beni Hernedi, di Sekayu, Senin.

Menurut dia, pihaknya berupaya mendukung generasi muda Bumi Serasan Sekate ini yang sedang kuliah atau melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi yang ada di kabupatan ini dan daerah lainnya.

Dukungan tersebut diberikan untuk meningkatkan daya saing generasi muda kabupaten ini, sehingga dapat berperan aktif dalam mengelola potensi sumber daya alam seperti batubara, minyak dan gas bumi yang hingga kini belum dimanfaatkan secara optimal.

Dengan tersedianya beasiswa itu, diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh generasi muda kabupaten ini untuk mencapai pendidikan setinggi-tingginya serta memperbaiki taraf hidup diri sendiri dan keluarga, kata Beni.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Musi Banyuasin M Yusuf Amilin menambahkan, bagi mahasiswa putra asli kabupaten ini yang membutuhkan bantuan beasiswa diimbau untuk mendaftarkan diri kepada pihaknya.

Untuk mendapatkan beasiswa, mahasiswa harus memenuhi sejumlah persyaratan seperti kartu tanda penduduk (KTP), kartu keluarga (KK), telah menjalani perkuliahan minimal semester III, Indeks Prestasi (IP) 3,2 untuk perguruan tinggi berstatus negeri dan IP 3,7 perguruan tinggi status swasta.

Menghadapi tahun akademik baru 2016-2017, bagi mahasiswa asal kabupaten ini yang membutuhkan bantuan biaya pendidikan dan memenuhi persyaratan yang ditetapkan itu, diimbau untuk segera mendaftarkan diri ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Musi Banyuasin, kata Yusuf.