Dinas Perikanan OKI dukung pengembangan ikan gurami

id ikan, dinas perikanan oki, ikan gurami

Kayuagung, Sumatera Selatan (ANTARA Sumsel) - Dinas Perikanan Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan mendukung pengembangan sektor budi daya ikan gurami dengan memberikan bantuan bibit.

Kepala Dinas Perikanan Ogan Komering Ilir Hasanuddin, di Kayuagung, Sabtu, mengatakan sebanyak 4.000 bibit ikan gurami disebar ke kolam petambak secara cuma-cuma.

"Ikan patin, nila, dan lele sudah banyak, tapi ikan gurami masih sedikit. Pemkab mengamati, jika tidak ekspansi maka perikanan akan stagnan," kata Hasanuddin.

Ia mengemukakan, ikan gurami saat ini di pasaran memiliki harga jual yang cukup tinggi dengan masa pembiakan sekitar 6-7 tahun.

Menurutnya, untuk mengembangkan perikanan ini OKI sangat potensial, karena merupakan salah satu kabupaten penghasil ikan yang cukup besar di Sumsel dengan wilayahnya yang banyak digunakan untuk budi daya ikan tawar, dan penangkapan ikan rawa lebak.

Selain membantu secara cuma-cuma bibit ikan, pemerintah setempat juga mengajarkan peternak untuk membuat pakan secara mandiri menggunakan dedak, tepung, jagung dan bahan baku lainnya.

Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Ogan Komering Ilir Imlan Khairun mengatakan pemerintah membantu alat mesin untuk membuat pakan melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan.

"Mekanismenya tetap menggunakan kearifan lokal, namun formulasi bahan baku dan mesin pakan ikan yang perlu diperbaiki," kata dia.