Sumsel siap gelar Kejuaraan Asia Triathlon 2017

id Triathlon, kejuaraan asia Triathlon, ahmad najib

Sumsel siap gelar Kejuaraan Asia Triathlon 2017

Sejumlah atlet peserta Kejuaraan Internasional Triathlon Premium ITU 2013 kategori elite putri tiba di garis finis lintasan renang setelah berenang sejauh 1,5 km di Danau Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang, Minggu (31/3). (Foto Antarasumsel.com

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan siap menggelar Kejuaraan Asia Triathlon 2017 setelah terpilih menjadi tempat penyelenggara pada Kongres Konferasi Triathlon Asia (Asian Triathlon Confederation/ATC) di Jepang, 1 Mei 2016.

Asisten II Pemerintah Provinsi Sumsel Akhmad Najib di Palembang, Senin mengatakan Sumsel terpilih setelah menyingkirkan Kazakstan dalam pemungutan suara langsung (voting)

"Indonesia hanya unggul satu suara dari Kazakstan. Kepercayaan ini akan dipegang dengan menyiapkan diri sebaik-baiknya sebagai penyelenggara," kata Najib.

Ia mengatakan Sumsel terpilih karena memiliki fasilitas olahraga yang cukup lengkap di Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang sehingga cabang olahraga triathlon yakni renang, sepeda dan lari dapat dilangsungkan dalam satu kawasan.

Terkait persiapan Sumsel menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia Triathlon ini, ATC meminta disediakan jalur sepeda sejauh 10 km, lintasan renang 350 meter ditambah 50 meter, dan area untuk lari dibutuhkan 5 km.

"Untuk semua ketentuan ini sudah disiapkan," kata dia.

Kemudian, arena akuatik yang bisa digunakan peserta untuk berlatih, area untuk helipad, rumah sakit rujukan terdekat, dan infrastruktur tes dopping.

"Mengenai fasilitas yang diinginkan sudah disediakan, sebagai bagian dari persiapan Sumatera Selatan tuan rumah Asian Games tahun 2018," kata Najib.