Bungkus ketupat daun pandan diminati warga Palembang

id ketupat, bungkus ketupat, bungkus ketupat daun pandan, diminati

Bungkus ketupat daun pandan diminati warga Palembang

Penjual bungkus ketupat.(Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

...Bungkus ketupat selama ini dibuat dari daun kelapa, namun kini beberapa tahun terakhir dicoba dibuat dari daun pandan yang ternyata mendapat sambutan yang cukup bagus...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Warga Kota Palembang, Sumatera Selatan, satu hari menjelang Hari Raya Idulfiitri 1437 Hijriah/2016 tampak ramai membeli bungkus ketupat terbuat dari daun pandan yang dijual di pasar tradisional setempat.

Pantauan di sejumlah pasar tradisional di Palembang, Selasa, tampak warga mengerumuni kios pedagang dan lapak kaki lima yang menjajakan bungkus ketupat yang terbuat dari daun pandan.

Rasyid salah seorang pedagang musiman itu mengatakan, bungkus ketupat selama ini dibuat dari daun kelapa, namun kini beberapa tahun terakhir dicoba dibuat dari daun pandan yang ternyata mendapat sambutan yang cukup bagus dari masyarakat.

"Bungkus ketupat dari daun pandan sangat diminati warga kota ini karena ketika dimasak ketupat yang dihasilkan mengeluarkan aroma wangi yang tidak didapat dari bungkus yang dibuat dari daun kelapa," ujarnya.

Bungkus ketupat dari daun pandan dijual dengan harga sedikit lebih mahal dari yang terbuat dengan bahan daun kelapa, meskipun lebih mahal pembelinya cukup banyak.

Sejak dua hari terakhir hingga kini telah terjual 1.000 bungkus ketupat daun pandan dengan harga Rp10.000 hingga Rp12.500 per ikat isi 10 buah tergantung besar kecil ukurannya, kata Rasyid.

Sementara salah seorang pembeli Zahara mengatakan, ketupat merupakan salah satu makanan utama yang akan dihidangkan untuk menjamu keluarga dan teman yang bersilaturahmi pada saat Lebaran.

Keberadaan pedagang sangat membantu dirinya dengan maraknya pedagang bungkus ketupat menjelang Lebaran ini karena tidak perlu repot membuat bungkus makanan yang merupakan ciri khas hari besar keagamaan umat muslim itu.

"Ketupat merupakan makanan khas Hari Raya Idulfitri, tanpa adanya makanan khas ini serasa tidak berlebaran," ujar dia pula.