Permintaan perlengkapan sekolah di Palembang capai puncaknya

id perlengkapan sekolah, permintaan meningkat, pedagang perlengkapan sekolah

...Permintaan perlengkapan sekolah meningkat sejak dua pekan terakhir namun puncaknya terjadi pada hari ini...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Permintaan perlengkapan sekolah di pertokoan pusat perbelanjaan dan pasar tradisional di Kota Palembang, Sumatera Selatan pada hari terakhir liburan sekolah atau menjelang satu hari dimulainya tahun ajaran baru 2016/2017 mencapai puncaknya.

Pantauan di sejumlah toko yang menyediakan pakaian seragam, tas, sepatu, buku dan alat tulis di Palembang, Minggu, tampak dipadati para orangtua yang sebelumnya belum sempat membeli perlengkapan sekolah itu karena pulang mudik Lebaran Idulfitri atau menikmati liburan sekolah.

Salah seorang pedagang perlengkapan sekolah di pasar tradisional 16 Ilir Palembang Irvan menjelaskan permintaan perlengkapan sekolah meningkat sejak dua pekan terakhir namun puncaknya terjadi pada hari ini.

"Hari ini permintaan perlengkapan sekolah terutama buku dan alat tulis mengalami puncaknya, karena besok siswa taman kanak-kanak hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan yang mulai masuk sekolah membutuhkan barang tersebut," ujarnya.

Menurut dia, permintaan perlengkapan sekolah mendekati mulai masuknya Tahun Ajaran baru 2016/2017 sejak bebera papekan terakhir mengalami peningkatan yang cukup tinggi, dan semakin mendekati hari pertama masuk sekolah jumlah pengunjung membludak.

Adanya peningkatan permintaan perlengkapan sekolah mendekati hari pertama masuk sekolah 18 Juli 2016, selain menyediakan stok dalam jumlah yang cukup, pihaknya juga menambah tenaga pelayanan, ujarnya.

Sementara pedagang lainnya Novita mengatakan, momentum Tahun Ajaran baru ini memberi berkah tersendiri bagi dirinya karena penjualan perlengkapan sekolah di toko salah satu pusat perbelanjaan modern di Palembang mengalami peningkatan.

"Beberapa hari ini bisa menjualan ratusan stel pakaian seragam sekolah SD hingga SMA, sepatu, serta ratusan lusin buku tulis, pena, pensil, dan kotak alat tulis, padahal dalam kondisi normal hanya bisa menjualan puluhan stel/lusin perlengkapan sekolah itu," ujarnya.

Untuk mengatasi lonjakan permintaan perlengkapan sekolah terutama dari siswa yang baru masuk sekolah pada Tahun Ajaran baru tahun ini, pihaknya menyiapkan stok barang yang laris dijual sejak beberapa pekan terakhir.

Mengenai harga jual, pihaknya tetap memberlakukan harga seperti biasanya meskipun terjadi peningkatan permintaan.

Pakaian seragam sekolah dijual dengan harga Rp125.000-Rp230.000 per stel, sepatu standar untuk anak sekolah Rp65.000-Rp160.000 per pasang, buku tulis dijual dengan harga berkisar Rp20.000 hingga Rp33.000 per lusin sesuai dengan ukuran dan banyak lembaran isinya.

Pena Rp1.200 hingga Rp3.500 per buah, pensil Rp750 hingga Rp1.900 per batang, kotak alat tulis dijual Rp15.000 hingga Rp45.000 per buah, sampul buku Rp7500 hingga Rp12.500 per lusin, kata Novita.