Festival Sriwijaya ajang promosi wisata daerah

id festival sriwijaya, wisata, budaya, kadisbudpar sumsel, irene camelyn

Festival Sriwijaya ajang promosi wisata daerah

Ilustrasi - Pertunjukan teatrikal Dapunta hyang turut memeriahkan Pembukaan Festival Sriwijaya di Taman Purbakala Sriwijaya Palembang, Kamis malam (11/6). (ANTARA FOTO/Feny Selly/15/Den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Irene Camelyn Sinaga mengatakan Festival Sriwijaya sebagai ajang mempromosikan wisata daerah, karena melalui kegiatan tersebut akan ditampilkan budaya dan potensi wisata yang ada di provinsi itu.

Festival Sriwijaya 2016 juga akan mengangkat dan membangkitkan kembali Kerajaan Sriwijaya, kata Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Senin.

"Jadi dalam festival tersebut akan menonjolkan khas dan budaya daerah," ujar Irene.

Bahkan, lanjut dia, festival yang digelar di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, pada 18 - 24 Juli itu utusan kabupaten dan kota yang ada di Sumsel akan menampilkan potensi dan khas daerah masing-masing.

Selain itu festival Sriwijaya juga dilaksanakan karnaval budaya dari halaman rumah dinas wali kota menuju BKB, seminar, paduan suara lagu daerah dan kegiatan lainnya.

Dia mengatakan, guna memberikan kenyamanan kepada masyarakat Sumatera Selatan di BKB akan disulap menjadi lokasi kegiatan yang menarik, antara lain festival kuliner termasuk parade kapal motor hias.

Hal ini karena ajang festival Sriwijaya tujuan utamanya untuk melestarikan budaya dan kuliner daerah selain ajang promosi wisata, ujar dia.

Yang jelas, festival yang telah menjadi agenda tahunan wisata Sumsel ini akan mengalami peningkatan baik mutu maupun jumlah peserta, tambah dia. (U005)