Pelayanan kapal cepat Palembang-Bangka kembali setiap hari

id kapal cepat, kapal, pelayanan kapal cepat, pelabuhan, pelabuhan boom baru

Pelayanan kapal cepat Palembang-Bangka kembali setiap hari

Kapal cepat (jetfoil) rute Palembang-Bangka beroperasi normal. (Foto Antarasumsel.com/Yudi Abdullah)

...Pelayanan kapal cepat sekarang ini sudah setiap hari kecuali hari Selasa ditiadakan untuk digunakan istirahat awak kapal dan perawatan armada...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pelayanan jasa angkutan laut kapal cepat rute Palembang-Bangka yang beberapa bulan terakhir hanya beberapa kali dalam sepekannya kini terhitung 16 Juli 2016 kembali dijadwalkan setiap hari.

"Pelayanan kapal cepat sekarang ini sudah setiap hari kecuali hari Selasa ditiadakan untuk digunakan istirahat awak kapal dan perawatan armada," kata petugas pelayanan tiket perusahaan pelayaran kapal cepat Expres Bahari Robin, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, jadwal pelayanan kapal cepat di Pelabuhan Boom Baru Palembang ke Muntok, Bangka dan sebaliknya akhir-akhir ini mengalami gangguan atau tidak setiap hari karena anjloknya jumlah pengguna jasa angkutan laut itu.

Jumlah penumpang dari Palembang ke Pulau Bangka dan sebaliknya mengalami penurunan drastis karena sebagian besar masyarakat beralih menggunakan transportasi udara yang tarif tiketnya relatif murah dan waktu perjalanannya lebih singkat.

Penumpang kapal cepat sekarang ini paling banyak 100 orang atau di bawah 50 persen dari kapasitas tempat duduk yang mencapai 340 orang.

Akibat sepinya penumpang, selama ini operasional kapal cepat milik dua perusahaan jasa angkutan laut yang melayani pelayaran rute Palembang-Bangka (Expres Bahari dan Sumber Bangka), menerapkan sistem operasional armada secara bergilir.

Sistem operasional armada kapal cepat secara bergilir diterapkan untuk mengatasi sepinya penumpang, namun karena kondisi jumlah penumpang terus menurun dan tidak bisa menutupi biaya operasional akhirnya sekarang ini hanya armada Expres Bahari yang beroperasi melayani rute tersebut, katanya.

Dia menjelaskan, dengan dihentikannya pelayanan kapal cepat Sumber Bangka, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sejak pertengahan Juli ini dilakukan perubahan jadwal keberangkatan dari empat kali sepekan menjadi setiap hari.

Jadwal keberangkatan dari Pelabuhan Boom Baru Palembang setiap hari seperti biasanya pada pukul 07.00 WIB sedangkan dari Pelabuhan Muntok Bangka pada pukul 10.00 WIB.

Mengenai tarif tiket pelayanan kapal cepat tersebut untuk kelas bisnis ditetapkan Rp180.000 per orang satu kali perjalanan, kelas eksekutf Rp200.000/orang, dan kelas VIP Rp230.000/orang.

Dalam kondisi terjadi penurunan drastis jumlah pengguna jasa angkutan laut ini, manajemen perusahaan memberikan penawaran khusus bagi masyarakat yang membeli tiket pergi pulang (PP) diberikan potongan harga Rp100.000/orang, ujar petugas penjualan tiket Expres Bahari.