Anggar Sumsel target raih dua emas PON Jabar

id anggar, anggar sumsel, pon jabar

Anggar Sumsel target raih dua emas PON Jabar

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/14/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan menargetkan cabang olahraga anggar meraih dua medali emas pada Pekan Olahraga Nasional ke-19 di Jawa Barat pada September 2016 dengan mengandalkan perpaduan antara atlet senior dan junior.

Pelatih Anggar Sumsel Lukman Ahmadi di Palembang, Rabu, mengatakan bahwa target ini cukup realistis mengingat sejumlah atlet senior telah memutuskan pensiun serta kepindahan enam atlet andalan ke Jawa Timur.

"Target memang dua emas dari nomor perorangan dan beregu sabre putra, tapi secara keseluruhan saya sangat optimistis bisa dapat lebih karena peluang masih terbuka di nomor senjata lain," kata Lukman yang dijumpai seusai uji tanding dengan atlet DKI Jakarta di Hall Anggar Jakabaring.

Ia mengatakan untuk nomor perorangan sabre putra direncanakan akan menurunkan Rully Mauliadhani dan Ricky Dhisulimah, sedangkan untuk nomor beregunya akan diperkuat lagi dua atlet yakni Ade Indra dan Agista Andhani.

"Untuk beregu malahan berjuang agar bisa kembali All Sumsel Final seperti saat PON di Riau tahun 2012 lalu," kata dia.

Sementara untuk peluang lain, ia menilai terbuka untuk jenis senjata epee dan foil pada kelompok putra.

Dua atlet yang akan mewakili Sumsel pada PON mendatang yakni Joneskha Pitera (eppe) dan Ari Rahmanulllah (foil) merupakan atlet yang masuk dalam ranking nasional.

Terkait persiapan menjelang PON ini, Lukman mengatakan bahwa ke-21 atlet yang masuk dalam tim akan menjalani uji coba ke tiga lokasi di Jawa yakni di Banten, Karawang, dan Jakarta pada Agustus mendatang.

"Rencana awal akan tour Jawa selama dua pekan, tapi karena keterbatasan dana jadi dipersingkat menjadi hanya empat hari. Sama halnya dengan rencana berlatih di Korea yang juga terpaksa dibatalkan karena tidak ada dananya," kata dia.

Meski demikian, Lukman optimistis bahwa atlet dapat memberikan penampilan terbaiknya pada PON mendatang karena sudah menjalani pemusatan latihan selama satu tahun di Palembang.

Pada PON di Riau tahun 2012, Tim Anggar Sumsel keluar sebagai juara umum dengan menyumbangkan empat medali emas, empat medali perak, dan lima perunggu, dari 12 nomor yang dipertandingkan.

Pada PON kali ini di Jawa Barat, cabang olahraga anggar masih menjadi tumpuan untuk mencapai target menembus 10 besar.