Bakal calon Gubernur Sumsel mulai dekati parpol

id Susno Duaji, calon gubernur sumsel, pilkada

Bakal calon Gubernur Sumsel mulai dekati parpol

Ilustrasi - Seorang warga memberikan hak pilihnya di TPS pada Pemungutan Suara Ulang Pemilihan Gubernur Sumsel Rabu (4/9). (Foto Antarasumsel.com)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri Komisaris Jenderal purnawirawan Susno Duaji salah satu bakal calon Gubernur Sumatera Selatan dikabarkan mulai mendekati salah satu pengurus partai politik sebagai pengusung pada Pilkada 2018.

Menurut informasi, Susno mulai mendekati Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Ogan Komering Ulu (OKU), Ferlan ID Murod, di Baturaja, Rabu.

Menurut Ferlan, hal itu sah-sah saja mendekati partai besutan ibu Hj Megawati Soekarnoputri ini.

"Yang dilakukan Susno baru pendekatan. Ya itu sah-sah saja. Tak hanya PDIP, mungkin juga mendekati Partai Golkar dan partai lainnya," kata Ferlan.

Yang pasti, kata dia, siapa calon yang akan dimajukan PDIP, itu akan melalui survei terlebih dahulu.

Kendati Susno punya nama besar, tapi sepertinya tak lantas membuat kader banteng moncong putih di OKU, langsung menerima dengan sosok figur itu.

"Intinya keinginan kami adalah Giri Ramanda Kiemas (ketua DPD PDIP Sumsel) yang dimajukan. Itupun kalau memang nanti berdasarkan hasil survei," ungkapnya.

Ia mengakui, apakah nanti Giri akan didorong maju Sumsel I atau Sumsel 2, itu kembali lagi pada keputusan DPP.

Mengenai kenapa memilih Giri, menurut Ferlan, sampai saat ini belum ada kader PDIP yang dalam penilaiannya layak dimajukan ke pilgub.

"Sekali lagi pribadi kami sebetulnya menginginkan Giri. Tapi itu tadi, di PDIP sendiri ada mekanisme yang harus dilalui yaitu survei dan kalau hasilnya jeblok, pusat pasti berpikir atau dicoba untuk mengangkat," jelas dia.

Namun, apapun yang menjadi keputusan DPP, pihaknya akan selalu tegak lurus ketentuan partai setingkat lebih tinggi, katanya.