Harobin Mustafa siap emban amanah jabatan Sekda

id sekda, pelantikan sekda, harobin, sekda palembang, palembang emas

Harobin Mustafa siap emban amanah jabatan Sekda

Sekda Palembang Harobin Mustafa bersama Wakil Wali Kota terpilih Finda tampak kompak siap mewujudkan Palembang EMAS mendukung program Wali Kota Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/16/Yudi Abdullah)

...Dengan pengalaman sebagai Asisten I dan latar belakang 30 tahun menjadi abdi negara serta lima kali menjabat Kepala SKPD, saya siap menduduki jabatan Sekda dan membantu Wali Kota Harnojoyo...
Palembnag (ANTARA Sumsel) - Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkot Palembang Harobin Mustafa menyatakan siap mengemban amah jabatan Sekda kota setempat yang kosong selama tiga bulan setelah pejabat lama Ucok Hidayat ditarik menjadi staf Pemprov Sumatera Selatan.

"Dengan pengalaman sebagai Asisten I dan latar belakang 30 tahun menjadi abdi negara serta lima kali menjabat Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), saya siap menduduki jabatan Sekda dan membantu Wali Kota Harnojoyo mewujudkan Palembang EMAS 2018," kata Harobin sebelum acara pelantikan, di Palembang, Senin.

Menurut dia, keberhasilannya mengikuti lelang jabatan Sekda dengan memperoleh nilai tertinggi dari enam peserta lelang, dan kepercayaan Wali Kota Harnojoyo serta persetujuan Gubernur Sumsel Alex Noerdin untuk menduduki kursi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Kota Palembang akan dijadikan modal untuk mengabdi dan berbuat terbaik.

"Jabatan merupakan amanah, oleh karena itu seluruh tugas yang merupakan wewenang Sekda untuk mendukung dan mewujudkan program pembangunan kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 akan dilaksanakan sebaik mungkin," ujar Harobin.

Dia menjelaskan, dengan pengalaman menduduki beberapa jabatan di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumsel, Pemkab Banyuasin, dan Pemkot Palembang, diharapkan dapat mendukung program pembangunan yang terkandung dalam visi misi Palembang EMAS.

Sesuai dengan visi misi itu, Palembang EMAS mengandung makna pemerintahan yang amanah, pemberdayaan lembaga masyarakat, ekonomi kerakyatan, mandiri, bersih, aman, berkembang.

Pemerintahan yang bersih, merakyat, religius dan adil, serta mewujudkan Kota Palembang yang Elok, Madani, Aman dan Sejahtera (EMAS), kata alumni Ilmu Administrasi Pemerintahan Pascasarjana Universitas Brawijaya itu.

Hasil seleksi akhir pansel lelang jabatan Sekda Palembang pada 15 Agustus 2016, dari enam peserta ditetapkan tiga calon terbaik yang diusulkan kepada wali kota yakni Asisten I Harobin Mustafa, Plt Sekda/Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kurniawan, dan Kepala Dinas Tenagakerja Palembang Isnaini Madani

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan setelah menerima tiga nama calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang hasil seleksi sesuai dengan aturan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) itu, dia memutuskan memilih Harobin Mustafa.

Harobin Mustafa dipilih untuk membantunya menjalankan roda pemerintahan, karena mendapatkan nilai tertinggi dalam seleksi lelang jabatan, memiliki kapabilitas, dan termasuk pejabat senior di lingkungan Pemkot Palembang, ujar dia pula.