Wali Kota Palembang galakkan gotong Royong

id walikota palembang, harnojoyo, kegiatan gotong royong, gotong royong

Wali Kota Palembang galakkan gotong Royong

Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Palembang Harnojoyo menggalakkan kegiatan gotong royong yang hampir memudar dalam kehidupan metropolitan, untuk menjaga kebersihan lingkungan dan keindahan kota yang telah beberapa kali meraih Piala Adipura.

"Gotong royong perlu digalakkan, tidak mungkin bisa dilakukan oleh petugas kebersihan dan pertamanan saja untuk membersihkan lingkungan dan menata keindahan kota tanpa dukungan semua lapisan masyarakat," kata Harnojoyo di Palembang, Rabu.

Dia menjelaskan, untuk menggalakkan kegiatan gotong royong, setiap pekan dijadwalkan kerja bakti bersama jajaran Pemerintah Kota Palembang dengan masyarakat di seluruh kecamatan dalam wilayah Bumi Sriwijaya ini.

"Kerja bakti itu dikoordinir oleh masing-masing Camat dan secara acak saya kunjungi dan ikut bersama-sama masyarakat membersihkan lingkungan kawasan permukiman penduduk dan sungai serta menanam pohon penghijauan," ujarnya.

Menurut dia, pelaksanaan kerja bakti tersebut diawasi secara intensif dan dan dijadikan salah satu poin penilaian kinerja Camat untuk menjadi pertimbangan tetap menduduki jabatannya, promosi, atau bahkan sebaliknya dijadikan staf biasa.

Lingkungan kecamatan yang dinilai kotor dan tidak indah, di Kantor Kecamatan akan dipasang bendera bergambar tengkorak sebagai bentuk pembinaan untuk memperbaiki kinerjanya terutama dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan di wilayah kerjanya.

Begitu pula sebaliknya, bagi Camat yang berhasil menggerakkan masyarakatnya bersama-sama membersihkan lingkungan dan menjadikan wilayah kerjanya indah, akan diberikan penghargaan dan di Kantor Kecamatan dipasang bendera emas.

Melalui kebersamaan itu diharapkan budaya gotong royong bisa diaktifkan kebali dan Kota Palembang sebagai Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan dapat tampil bersih, indah, dan asri untuk menyambut ribuan atlet dan tamu undangan dari berbagai negara pada saat menjadi tuan rumah Asian Games 2018, kata Wali Kota Harnooyo.