Perserosi Sumsel target berprestasi di PON Papua

id Perserosi Sumsel, sepatu roda, pon papua, pekan olahraga nasional, ketua Perserosi Sumsel, Ernila Rizar

Perserosi Sumsel target berprestasi di PON Papua

Atlet sepatu roda (ANTARA FOTO)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengurus Provinsi Persatuan Sepatu Roda Seluruh Indonesia Sumatera Selatan menargetkan atletnya berprestasi pada Pekan Olahraga Nasional ke-20 di Papua pada 2020.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Perserosi Sumsel Ernila Rizar di Palembang, Rabu, mengatakan target ini cukup realistis mengingat prestasi cabang sepatu roda Sumsel sudah lama terpuruk lantaran minimnya pembinaan atlet muda.

"Ke depan, Perserosi Sumsel akan lebih fokus pada pembinaan yakni bagaimana caranya mulai berprestasi dan target pada PON 2020 cukup masuk akal," kata Ernila seusai pelantikan Pengurus Provinsi Perserosi masa bhakti 2016-2020.

Untuk itu, ia mengajak pengurus baru dan semua pihak untuk bekerja sama dalam mempopulerkan olahraga ini di tengah masyarakat.

"Banyak agenda yang harus disusun setelah ini. Langkah pertama yang akan dilakukan yakni mendorong terbentuknya pengcab-pengcab di kabupaten/kota di Sumsel, " katanya.

Ketua Harian KONI Sumsel Nasrun Umar berharap para pengurus baru ini bersungguh-sungguh mencapai target mengingat pada PON Jabar gagal mengirimkan utusan.

"Saya berharap sepatu roda menjadi salah satu cabang olahraga unggulan Sumsel seperti halnya menembak, anggar, atletik," ucapnya .

Ketua Harian PB Perserosi Sofyan Ruzian mengatakan, pengurus baru harus bergerak menginventarisasi dan membina para atlet di seluruh Sumsel agar berkiprah di PON 2020 dan ikut serta PON remaja 2017 di Jateng.

"KONI Sumsel diharapkan memberikan bantuan moril agar program kerja pengprov dapat tercapai," katanya.

Sementara ini jumlah atlet sepatu roda Sumsel hanya belasan orang dengan menggunakan peralatan milik pribadi.

Kondisi ini berbanding terbalik dengan keberadaa infastrukturnya yakni arena balap sepeda berstandar internasional di Kawasan Olahraga Jakabaring, berkat peran menjadi tuan rumah SEA Games XXVI tahun 2011.