Pemprov berupaya Sungai Musi jadi wisata andalan

id sungai musi, kampung al munawar, wisata sungai, pariwisata sumsel, kadisbudpar, irene camelyn sinaga

Pemprov berupaya Sungai Musi jadi wisata andalan

Sejumlah perahu tradisional bersandar dipinggir Sungai Musi dengan latar belakang Jembatan Ampera Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya supaya Sungai Musi menjadi objek wisata andalan daerah itu melalui berbagai penataan.

"Kami terus menata supaya Sungai Musi menjadi wisata nyaman," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga di Palembang, Senin.

Pihaknya sekarang ini membenahi pinggiran Sungai Musi antara lain menata kampung Al Munawar Palembang.

Dia menjelaskan kampung tersebut berada di pinggiran Sungai Musi serta banyak dikunjungi masyarakat.

Oleh karena itu, pihaknya terus memperbaiki kawasan pinggiran Sungai Musi itu agar objek wisata tersebut semakin nyaman untuk menjadi tempat berwisata.

Pemerintah Provinsi Sumsel telah menganggarkan dana dalam penataan kampung yang dihuni warga keturunan Arab yang berada di pinggiran Sungai Musi tersebut.

Ia mengatakan sektor pariwisata menjadi sumber pendapatan yang tidak akan habis sehingga perlu dikelola secara profesional.

Selain itu, katanya, Sungai Musi sudah dipromosikan ke luar negeri melalui kegiatan Triboatton yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Bahkan, Festival Sriwijaya beberapa waktu lalu dilaksanakan di pinggiran Sungai Musi Palembang.

Kesemuanya itu, katanya, tidak lain sebagai upaya promosi objek wisata sungai yang membelah Palembang tersebut.

Oleh karena itu, katanya, penataan sungai yang ada Jembatan Ampera tersebut, harus menjadi perhatian bersama supaya wisatawan semakin banyak berkunjung ke tempat itu. (U005)