Bupati soroti masalah kebersihan kota Baturaja

id kebersihan, desa kotor, baturaja, Bupati Ogan Komering Ulu, Kuryana Azis, kota

Bupati soroti masalah kebersihan kota Baturaja

Kualitas air Sungai Ogan di kawasan Kota Baturaja kurang bagus dan berbau (Foto Antarasumsel.com/13/E Permana)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Bupati Ogan Komering Ulu Kuryana Azis menyoroti masalah kebersihan di wilayah Kota Baturaja yang hingga saat ini belum sesuai harapan, padahal telah dicanangkan gerakan Jumat bersih.

Kondisi wilayah khususnya di pusat kota masih memprihatinkan dan gerakan Jumat bersih ternyata belum mampu menjadi dorongan bagi instansi terkait dan masyarakat untuk lebih giat lagi memperhatikan soal kebersihan lingkungan, katanya Kuryana di Baturaja, Sumatera Selatan, Jumat.

Bupati mengingatkan pihak Dinas Kebersihan dan Keindahan Kota (DKK) OKU yang seolah tutup mata dengan kondisi yang ada saat ini.

"Jangan lebih tahu saya daripada pihak Dinas Kebersihan setempat soal kebersihan," tegas bupati kepada instansi terkait saat memimpin rapat KTP elektronik.

Bupati Kuryana berbicara dengan nada tinggi lantaran masih banyak ditemuinya saluran/siring yang tersumbat oleh sampah-sampah, bahkan kerap turun langsung ke dalam saluran air guna membersihkan sampah ketika dilangsungkan gerakan Jumat bersih.

Ia mengaku, bagaimana tidak marah karena dana untuk membersihkan siring/saluran air setiap tahun selalu dianggarkan, namun kenyataannya masih banyak sampah di dalamnya.

Menurut bupati, soal kebersihan pemerintah kerap dicemooh masyarakat dan kenyataannya benar, hanya kadang kala mereka tidak berani ngomong.

Untuk itu diharapkan semua pihak utamanya jajaran di bawahnya untuk segera memperbaiki kondisi kebersihan lingkungan perkantoran dan permukiman penduduk.