Objek wisata Bedegung Sumsel dikunjungi 28.000 wisatawan

id bedegung, air terjun bedegung

Objek wisata Bedegung Sumsel dikunjungi 28.000 wisatawan

Wisatawan kunjungi kawasan wisata air terjun Bedegung di Kabupaten Muaraenim Sumsel (Foto Antarasumsel.com/Banu Sungkowo/Parni)

....Pesona alam air terjun Bedegung di Kabupaten Muara Enim memiliki eksotika yang unik, para wisatawan berkunjung juga harus ekstra tenaga untuk melintasi jalan setapak mendaki ke arah air terjun....
Muara Enim (ANTARA Sumsel) - Objek wisata Air Terjun Bedegung yang terletak di Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, hingga September 2016 membukukan jumlah pengunjung sekitar 28 ribu wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Jumlah kunjungan wisatawan tersebut mengalami peningkatan bila dibandingkan periode bulan yang sama tahun sebelumnya sekitar 20 ribu orang," kata kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pariwisata setempat, Juhartono di Muara Enim, Sabtu.

Juhartono menjelaskan, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan itu terjadi karena upaya dukungan pihak Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Parawisata yang terus meningkatkan sistem fasilitas dan pelayanan publik di kawasan wisata tersebut.

Sementara, dalam upaya peningkatan pengunjung hal yang harus diutamakan adalah menciptakan rasa nyaman dan aman bagi para pengunjung.

Begitu juga dukungan fasilitas yang melengkapi kebutuhan pengunjung seperti penginapan, mushalla, kantin, kamar kecil serta kebutuhan air bersih tersedia cukup.

Termasuk fasilitas kegiatan arung jeram, dilengkapi dengan personel dan instruktur yang menguasai arung Sungai Lematang, karena olehraga itu butuh perhatian khusus.

Hal itu, karena pengunjung akan langsung berkolaborasi dengan ganasnya arung sungai yang menantang adernalin, kata Juhartono.

Sementara, untuk lebih mempercantik ruas kiri dan kanan aliran air terjun Bedegung, saat ini telah dibuat talud penahan bibir sungai.

Begitu juga di sekitar lokasi air terjun Bedegung yang hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar satu jam dari ibukota Kabupaten Muara Enim itu, telah dibuatkan jalur jalan setapak menuju titik lokasi air terjun guna memudahkan pengunjung mendekati titik jatuhnya air terjun.

Demikian juga untuk melengkapi objek wisata air terjun Bedegung, taman hayati arboretum yang telah selesai dibangun dan ditanami aneka ragam hayati menambah koleksi ragam tanam.

Dijelaskannya, untuk wisatawan yang hobi memancing di sekitar lokasi objek wisata air terjun juga tersedia kolam pembibitan ikan air tawar beragam jenis.

"Saya merasa takjub dengan keindahan pesona air terjun Bedegung," kata Anisyah (18) mahasiswa Politeknik Negeri Sriwijaya yang sempat berkunjung ke situ.

Menurutnya, pesona alam air terjun Bedegung memiliki eksotika yang unik, selain lokasi air terjun yang tinggi, para wisatawan berkunjung juga harus ekstra tenaga untuk melintasi jalan setapak mendaki ke arah air Berjun bedegung.

Namun demikian, kata dia, hal yang juga cukup penting adalah ketersediaan lokasi penjual cendra mata di lokasi wisata air terjun.

Jika saja warga bisa memanfaatkan peluang ini, tentunya bisa menambah pendapatan bagi penduduk sekitar, kata Anisyah.