Konsumsi BBM premium turun 14 persen

id bbm, konsumsi bbm, minyak, premium, pertalite, GM Pertamina Marketing Operation Region II, Herman M Zaini

Konsumsi BBM premium turun 14 persen

Petugas SPBU mengisikan BBM ke mobil pribadi di SPBU Coco Kenten Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Konsumsi bahan bakar minyak jenis premium mengalami penurunan sekitar 14 persen setelah pertalite dipasarkan karena harganya memang tidak jauh berbeda.

GM Pertamina Marketing Operation Region II Herman M Zaini menyampaikan hal itu usai menyerahkan hadiah kepada para pemenang undian program gas pooolll pertamax series untuk pelanggan kendaraan roda dua dan roda empat di Palembang, Rabu.

Menurut dia, selisih harga premium dengan pertalite itu sekitar Rp300 sampai Rp400 per liter, dan pertalite ini lebih banyak manfaatnya.

"Selain itu jika digunakan jarak tempuhnya lebih jauh 3-4 kilometer, belum lagi biaya pemeliharaan motor, yang paling penting emisinya lebih ramah lingkungan sehingga kita meninggalkan warisan lingkungan yang baik," katanya.

Ia mengatakan program gas pooolll pertamax series (pertamax, pertamax plus, pertalite dan pertamax dex) untuk pelanggan kendaraan roda dua dan roda empat itu dilakukan untuk memacu konsumen lebih berani dalam menggunakan BBM tersebut.

Salah satu upaya dilakukan dengan memberikan semacam hadiah untuk mengairahkan para pengguna yang dulunya menggunakan premium bisa beralih ke pertalite. Kalau dihitung premium dan pertalite lebih banyak manfaatnya menggunakan pertalite, ujarnya.

Program gas pooolll pertamax series bawa pulang motor yamaha ini berlangsung mulai 19 Mei-17 Agustus 2016 dan berlaku di Sumatera Selatan dan Bengkulu.

Mekanisme program tersebut bagi pelanggan kendaraan roda dua yang membeli pertamax series dan pertalite senilai minimal Rp20 ribu akan mendapatkan satu lembar kupon undian.

Kemudian pelanggan berkendaraan roda empat yang membeli pertamax series minimal Rp200 ribu akan mendapatkan satu lembar kupon undian.

Adapun empat orang pemenang program gas pooolll pertamax series yaitu Sukardi, Edo, Memet Sugara dan Alvin Evan masing-masing membawa satu buah unit motor yamaha.

Alvin Evan mengakui dirinya sempat kaget ketika ditelpon oleh Pertamina, karena hanya mengirimkan empat kupon dan ternyata bisa meraih hadiah motor.

"Sebenarnya saya memang sudah lama menggunakan pertalite, karena lebih irit dan RONnya lebih baik," katanya.