Pelindo III segera revitalisasi enam pelabuhan NTT

id pelindo, pelabuhan, tambah pelabuhan

Pelindo III segera revitalisasi enam pelabuhan NTT

Ilustrasi- Kawasan industri Tanjung Uncang, Batam, Kepri (FOTO ANTARA)

Kupang (ANTARA Sumsel) - Sebanyak enam pelabuhan terminal di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) segera direvitalisasi pada 2016 ini, kata General Manejer PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Denny Wuwungan di Kupang, Rabu."NTT mendapat jatah enam pelabuhan terminal dan terbanyak dari 11 pelabuhan yang akan direvitasilasi oleh Pelindo III di wilayah Indonesia Timur," katanya kepada wartawan di Kupang di sela-sela pembahasan soal Pelindo III Journalist Award 2016 di Kupang.

Ia menyebutkan enam pelabuhan yang segera direvitalisasi itu adalah Tenau Kupang, Waingapu Kabupaten Sumba Timur, Ende, Kalabahi Kabupaten Alor, Maumere Kabupaten Sikka serta pelabuhan Ippi


Namun dari enam pelabuhan itu, lanjut Denny, hanya lima pelabuhan saja yang dirombak secara keseluruhan. Tetapi untuk pelabuhan Tenau Kupang, hanya ada perbaikan kebutuhan pelabuhan yang masih kurang.

"Pembangunan enam dari 11 pelabuhan itu dibangun dari dana Pelindo III sendiri dengan tidak membebankan pemerintah pusat," ujarnya.

Sementara itu lima pelabuhan lain yang juga akan direvitalisasi oleh Pelindo III adalah Pelabuhan Lembar & Bima di NTB, Pelabuhan Sampit dan Kumai di Kalimantan Tengah, serta Pelabuhan Batulicin Kalimantan Selatan.

Dari 11 pelabuhan yang akan direvitalisasi tersebut anggaran yang dikeluarkan oleh Pelindo III sebesar Rp350 miliar.

Denny menambahkan revitalisasi enam pelabuhan di NTT itu adalah yang pertama untuk membantu meningkatkan geliat pariwisata di provinsi berbasis kepulauan itu yang saat ini dikenal dengan nama "New Tourism Teritory".

Disamping itu juga revitalisasi enam pelabuhan terminal itu juga dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan publik untuk mempercepat pembangunan ekonomi nasional berbasis maritim.