Pelindo Palembang berupaya perbarui peralatan bongkar muat

id PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang, memperbarui peralatan, Pelabuhan Boom Baru, pelayanan jasa kepelabuhan, Advisor Humas, Pemasaran dan Pelay

Pelindo Palembang berupaya perbarui peralatan bongkar muat

Aktivitas bongkar muat barang di pelabuhan Boom Baru Palembang. (FOTO antarasumsel.com/Yudi Abdullah/12)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Pelabuhan Indonesia II Cabang Palembang, Sumatera Selatan secara bertahap berupaya memperbarui peralatan yang digunakan untuk pelayanan bongkar muat di Pelabuhan Boom Baru.

"Peralatan bongkar harus dalam kondisi baik agar bisa memudahkan kegiatan bongkar muat dan pelayanan jasa kepelabuhan lainnya. Untuk menjaga peralatan dalam kondisi baik perlu diperbarui disesuaikan dengan perkembangan pelayanan," kata Advisor Humas, Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan PT Pelindo II Cabang Palembang Fransiska Riana, di Palembang, Jumat.

Dia menjelaskan, sejumlah peralatan di pelabuhan Sungai Musi ini sudah berusia tua, untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi operasional secara bertahap dilakukan penggantian dengan yang baru dan lebih canggih.

Salah satu peralatan yang kondisinya sudah tua seperti "container crane", perlu segera diganti dengan yang memiliki kemampuan daya angkutan yang lebih besar karena tidak sesuai dengan aktivitas pelayanan jasa kepelabuhan yang terus mengalami peningkatan.

Beberapa peralatan di pelabuhan Boom Baru yang sudah berusia tua kemampuannya terus berkurang, sehingga jika tidak segera diganti akan menurunkan kinerja perusahaan.

Sebagai contoh "container crane" yang kurang efisien dan perlu dilakukan penggantian karena kapasitas daya angkut rendah yakni maksimal 30 ton dan kemampuannya kini terus berkurang.

Sedangkan dengan peralatan baru yang lebih canggih memiliki kapasitas daya angkut lebih besar hingga mencapai 60 ton, sehingga dapat mendukung optimalisasi pelabuhan di kawasan Sungai Musi Palembang ini yang aktivitasnya kini terus mengalami peningkatan, katanya.

Menurut dia, PT Pelindo II Cabang Palembang berupaya mengoptimalkan Pelabuhan Boom Baru dan menjadi perusahaan penyedia jasa kepelabuhan di wilayah Sumsel yang lebih efisien dan modern.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pihaknya terus berupaya mengganti peralatan bongkar muat yang kondisinya sudah tidak efisien lagi, kata Fransiska.