Harnojoyo: Fokus, kunci sukses UMKM

id umkm, usaha kecil dan menengah, sukses umkm, menjadi pengusaha,menjaga kepercayaan konsumen

Harnojoyo: Fokus, kunci sukses UMKM

Wali Kota Palembang Harnojoyo (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/16/den)

....Ia mengatakan, dalam usaha sejatinya kepercayaan dan kejujuran yang utama, bukan modal...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan fokus menjadi kunci sukses pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah untuk tumbuh dan berkembang di tengah persaingan dengan para pemodal besar.

"Saya mengatakan ini, karena berdasarkan pengalaman pribadi sebagai pengusaha kecil. Awalnya saya menjual lima ekor ayam, lalu berkembang hingga 4.000 ayam potong per hari, semua itu berkat fokus," kata Harnojoyo memberikan motivasi ke ratusan pelaku UMKM di Palembang, Kamis.

Ia mengatakan, dalam usaha sejatinya kepercayaan dan kejujuran yang utama, bukan modal.

Menurutnya, cara pandang bahwa usaha itu membutuhkan modal yang besar harus diubah karena sebenarnya dapat juga dimulai dari modal yang kecil.

"Asalkan fokus dan konsisten menjaga kepercayaan dengan rekanan, atau konsumen, percayalah usaha pasti akan berkembang," kata dia.

Pada kesempatan seminar UMKM yang digelar oleh Dinas Perdagangan dan Koperasi Kota palembang bekerja sama dengan Indomaret dan Nestle itu, Harnojoyo juga menceritakan pengalamannya memulai usaha ayam potong.

"Sebelumnya, saya sembilan tahun bekerja di bank, karena jenuh maka pada 1998 saya putuskan berhenti dan mulai berjualan ayam di bawah Jembatan Ampera," kata dia.

Saat menggeluti usaha itu, Harnojoyo sempat bertransaksi dengan distributor ayam "besar" dengan nilai miliaran rupiah tanpa pernah bertemu muka.

"Modal justru dari kepercayaan dan kejujuran, jika kita sungguh-sungguh yakinlah Allah akan memberikan pertolongan," kata dia.

Pada kesempatan seminar UMKM bertemakan "Meningkatkan Daya Saing UMKM dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN" ini Harnojoyo juga memberikan bantuan langsung berupa lemari dan gerobak usaha bagi para pelaku UMKM pemula.

Pertumbuhan UMKM di Sumsel telah terasa sejak 2011 yakni ketika Palembang menjadi tuan rumah SEA Games XXV yang tergambar dari peningkatan omzet dari Rp24,96 trilun menjadi Rp25,27 triliun pada tahun 2015.

Sedangkan jumlah UMKM mengalami kenaikan dari 2.022.868 unit pada 2014 menjadi 2.071.416 unit pada tahun 2015.