Musi Banyuasin siapkan 69 nelayan semarakkan KTNA

id Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan, KTNA, petani, nelayan

Musi Banyuasin siapkan 69 nelayan semarakkan KTNA

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Musi Banyuasin, Sumsel (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, menyiapkan 69 petani dan nelayan untuk menyemarakkan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XII tingkat Provinsi Sumatera Selatan di Kota Lubuk Linggau pada 17-22 Oktober 2016.

Petani dan nelayan yang disiapkan untuk mengikuti kegiatan KTNA itu dikukuhkan Plt Sekda Musi Banyuasin Rusli SP dengan pemasangan jaket tanda peserta kontingen dalam acara Pembukaan Sarasehan Petani Nelayan di Auditorium Pemkab setempat, Sekayu, Senin.

Plt Sekda Musi Banyuasin Rusli pada kesempatan itu mengatakan sarasehan KTNA bertujuan sebagai forum tempat bertukar ilmu antara petani, nelayan dan pemerintah sebagai bahan evaluasi bersama.

Selain itu sebagai forum penyampaian aspirasi petani dan nelayan kepada pemerintah, dan menjadi forum rembuk KTNA kabupaten ini.

Melalui kegiatan itu diharapkan mampu meningkatkan motivasi para petani dan nelayan, meningkatkan jiwa wirausaha, kemampuan daya saing, kualitas hasil panen petani dan nelayan, serta kesadaran petani dan nelayan terhadap kelestarian lingkungan hidup, katanya.

Dia menjelaskan, untuk mendorong petani dan nelayan daerah ini, seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) terkait diharapkan berperan maksimal dalam mendukung program KTNA.

"Sebagian besar atau sekitar 90 persen penduduk Bumi Serasan Sekate ini adalah petani, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat kabupaten ini, kuncinya sejahterakan dulu para petani," ujar Rusli.

Sementara pada kesempatan yang sama, Ketua KTNA Musi Banyuasin Abusari Burhan menjelaskan bahwa kabupaten ini memiliki 3.325 kelompok petani yang terdiri atas 78.962 kepala keluarga tani, 197 Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), tiga sampai sembilan kelompok tani yang tersebar di 240 wilayah kerja.

Kemudian sebagai mitra KTNA, di kabupaten ini terdapat 101 orang penyuluh dari PNS, 112 orang penyuluh non-PNS, dan tenaga penyuluh 51 orang.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin yang telah mendukung petani dan nelayan melakukan berbagai aktivitas dan pengembangan usaha," ujarnya.