Dinsos Sumsel siapkan beras bantuan bencana

id beras bantuan bencana, Dinsos, bantuan buat korban bencana alam

Dinsos Sumsel siapkan beras bantuan bencana

Ilustrasi-Gudang Beras . (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan menyiapkan 1.800 ton beras bantuan bencana guna menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam dampak negatif musim hujan sekarang ini.

"Dalam kondisi musim hujan sekarang ini sewaktu-waktu bisa terjadi bencana banjir dan tanah longsor, dengan adanya cadangan beras di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, jika terjadi suatu bencana bantuan, bisa secepatnya dikirim kepada masyarakat yang mengalami musibah," kata Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Apriyadi di Palembang, Senin.

Bantuan untuk korban bencana tersebut sekarang ini disimpan di gudang bantuan bencana Dinas Sosial Sumsel, Dinas Sosial di 17 kabupaten/kota, dan gudang milik Bulog.

Dengan adanya stok bantuan ribuan ton beras di gudang bantuan bencana Dinas Sosial di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, pihaknya menjamin ketersediaan bantuan untuk masyarakat yang mengalami bencana pada musim hujan sekarang ini.

Selain beras, disiapkan pula bantuan bahan makanan lainnya untuk orang dewasa dan anak-anak, selimut, tenda penampungan sementara, dan peralatan evakuasi.

Dia menjelaskan pada musim hujan tahun-tahun sebelumnya, wilayah provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu cukup rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor.

Untuk menghadapi kemungkinan terjadinya bencana tersebut, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan.

"Sehingga jika terjadi bencana para korban dapat segera dibantu dan dapat dicegah timbulnya permasalahan sosial di sekitar lokasi bencana," kata Apriyadi.