Pembahasan APBD Sumsel selesai sebelum akhir november

id apbd, pembahasan apbd sumsel, Ketua DPRD Sumatera Selatan, HM Giri Ramanda N Kiemas

Pembahasan APBD Sumsel selesai sebelum akhir november

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin berjabat tangan dengan Ketua DPRD Sumsel Giri (Antarasumsel.com)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah Sumatera Selatan tahun 2017 ditargetkan selesai sebelum 30 November 2016 sesuai dengan aturan.

Ketua DPRD Sumatera Selatan, HM Giri Ramanda N Kiemas di Palembang, Senin menyampaikan hal itu saat ditanya mengenai pembahasan APBD Sumsel tahun 2017 usai rapat badan musyawarah DPRD setempat.

Menurut dia, target pembahasan APBD Sumsel 2017 itu selesai pada November 2016, karena kalau tidak maka tertunda gajian eksekutif dan legislatif.

Jadi, pembahasan APBD Sumsel 2017 itu waktunya sekitar satu setengah bulan, kalau pihak eksekutifnya siap, katanya.

Ia mengatakan, biasanya eksekutif tidak siap, karena kalau siap maka DPRD Sumsel dapat dibahas.

Kendalanya itu, karena kondisi harus menyesuaikan angka yang tidak mudah, dimana cita-cita sekian, ternyata tidak cukup.

Jadi, perlu waktu untuk penyesuaian, kemudian perlu waktu menyusun ulang program dan menetapkan program prioritas, ujar wakil rakyat tersebut.

Ia menyatakan, kalau sampai sekarang ini DPRD Sumsel belum menerima usulan untuk pembahasan anggaran APBD 2017 tersebut dari pihak eksekutif.

"Usulan untuk APBD 2017 belum masuk, karena harus mengakomodir defisit yang mungkin terjadi pada tahun 2016 sekitar Rp600 miliar," tuturnya.

Ia juga meminta pihak eksekutif menyusun anggaran secara realistis, jangan optimistis, karena selama ini berpikir optimistis seperti menyusun dana bagi hasil dan dana alokasi umum selalu angkanya angka penuh, sampai akhir tidak penuh dibayarkan.

"Jadi, kita minta dihitung secara realistis termasuk pajak daerah, kita tahu ada penurunan penerimaan pajak daerah bukan dari pajak kendaraan bermotor, tetapi kendaraan baru, karena orang tidak mau beli kendaraan baru," katanya.