Penyaluran raskin di Sumsel hampir 90 persen

id raskin, beras sejahtera, beras untuk keluarga miskin, Kepala Perum Bulog Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Mansur Siri

Penyaluran raskin di Sumsel hampir 90 persen

Stok beras untuk keluarga miskin (FOTO ANTARA)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Penyaluran beras sejahtera atau beras untuk keluarga miskin di Sumatera Selatan sampai Oktober 2016 ini sudah hampir 90 persen, dan akan dipercepat lagi penyerapannya.

Kepala Perum Bulog Divre Sumatera Selatan dan Bangka Belitung Mansur Siri menyampaikan hal itu usai rapat evaluasi beras untuk keluarga miskin (Raskin) bersama dengan instansi terkait lainnya di Palembang, Selasa.

Menurut dia, mereka tadi rapat evaluasi raskin, jadi raskin itu sudah hampir 90 persen penyalurannya sampai dengan bulan ini.

"Kita rapat untuk mempercepat serapan raskin itu, jadi diupayakan lebih cepat lagi," katanya.

Ia mengatakan, ada surat dari gubernur untuk mempercepat penyaluran raskin di daerah ini. Gubernur meminta ke seluruh bupati untuk membuat surat perintah alokasi, jadi penyaluran di November dilakukan di awal November begitu juga Desember, ujarnya.

Sementara Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumsel Taufik menyatakan, beras sejahtera atau raskin itu berdasarkan evaluasi dari target masih belum mencapai 100 persen serapan bulan ini.

Jadi, ada satu kabupaten yang sudah 100 persen yaitu Musi Banyuasin, sedangkan enam kabupaten di atas 90 persen, selanjutnya sembilan kabupaten di atas 80 persen dan satu kabupaten masih di atas 70 persen.

"Oleh karena itu, kita mencoba mencari apa permasalahannya dan bagaimana upaya mempercepat serapan ini dan yang paling rendah di Kabupaten Ogan Komering Ilir," katanya.

Ia menambahkan, permasalahan tersebut sudah dibahas yakni beberapa lokasinya memang jauh jaraknya antara titik distribusi dan titik bagi.