Kamis, 29 Juni 2017

Pulau kemaro akan dilengkapi fasilitas olahraga air

id Pulau Kemaro, olahraga air, wisatawan mengunjungi delta kecil, Staf Ahli Wali Kota, Sudirman Teguh
Pulau kemaro akan dilengkapi fasilitas olahraga air
Kawasan wisata Pulau Kemaro Palembang (Foto Antarasumsel.com/M. Deden Baihaqi/15)
Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang berencana melengkapi Pulau Kemaro, Palembang, dengan fasilitas olahraga air untuk menggaet wisatawan mengunjungi delta kecil di Sungai Musi itu.

Staf Ahli Wali Kota Palembang Bidang Ekonomi, Investasi dan Pembangunan, Sudirman Teguh di Palembang, Senin, mengatakan, Pulau Kemaro sangat mungkin dikembangkan menjadi kawasan wisata air pada masa mendatang karena letaknya yang persis menyembul di perairan Sungai Musi.

"Pemerintah kota berencana membangun sebuah dermaga dengan dilengkapi beberapa unit jet ski yang menjadi bagian dari rencana pengembangan Pulau Kemaro ke depan," kata dia.

Ia mengatakan, keberadaan 10 unit bungalow yang saat ini sudah rampung dikerjakan harus didukung fasilitas lain agar wisatawan mau mengunjungi, terutama dari manca negara.

Infrastruktur ini menjadi perhatian utama lantaran dalam sektor pariwisata, ia melanjutkan, terdapat tiga hal utama yang sangat mempengaruhi pertumbuhannya, yakni regulasi, infrastruktur, dan Sumber Daya Manusia.

"Untuk infrastruktur, tentunya secara bertahap akan ditambah seiring dengan visi misi Pemkot Palembang menjadikan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai sektor utama," ujar dia.

Pulau Kemaro yang selama ini sudah dikenal oleh warga keturunan Tionghoa karena keberadaan Klenteng Hok Tjing Rio dan Legenda Cari Jodoh Tan Bun An dan Siti Fatimah.

Meski setiap tahun terutama di saat Imlek selalu dikunjungi ribuan pendatang tapi pemkot mengharapkan pulau yang berjarak sekitar 6 kilometer dari Jembatan Ampera ini tetap ramai pengunjung pada hai selain hari besar keagamaan.

Pemerintah Kota Palembang mengundang investor dalam dan luar negeri untuk membangun hotel di pinggir Sungai Musi.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan investor diharapkan dapat mengambil peluang ini karena pada 2018, Kota Palembang akan menjadi tuan rumah Asian Games ke-18.

"Sudah lama sekali Kota Palembang menunggu datangnya investor untuk membangun hotel di pinggir sungai Musi, saya harap dengan adanya Asian Games bisa menjadi daya tarik," kata Harnojoyo.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga