Indonesia hadapi Vietnam di Semifinal piala AFF

id timnas indonesia, aff, timnas vietnam, sepakbola, juara grup, mengoleksi sembilan poin

Indonesia hadapi Vietnam di Semifinal piala AFF

Grup Piala AFF 2016 (REUTERS)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Tim nasional Indonesia dipastikan akan menghadapi Vietnam di babak semifinal Piala AFF 2016 setelah pada lanjutan laga Grup B, Vietnam mengalahkan Kamboja dengan skor 2-1 dan keluar sebagai juara grup.

Kemenangan pada laga yang dihelat di Stadion Bogyoke Aung San, Myanmar, Minggu, tersebut membuat Vietnam mengoleksi sembilan poin dari tiga laga.

Selaku pemimpin Grup B, tim asuhan pelatih Nguy'n H'u Th'ng ini harus bertemu dengan peringkat kedua Grup A, Indonesia.

Melawan Vietnam menjadi tugas berat tim nasional Indonesia yang dipimpin Alfred Riedl. Pada dua pertandingan uji coba tahun 2016, baik di kandang maupun tandang, Tim Garuda tidak dapat mengalahkan Vietnam.

Bulan Oktober 2016, Indonesia ditahan imbang 2-2 di kandang dan ketika bermain tandang di Vietnam, Indonesia kalah 3-2.

Sementara dari laga pada Minggu (26/11) malam, pertandingan melawan Kamboja tidak berjalan mudah bagi Vietnam. Sebab, mereka sudah bermain dengan sepuluh orang karena bek Tr''ng 'ình Lu't diusir wasit sejak menit ke-10.

Namun, justru Vietnam berhasil unggul terlebih dahulu setelah penyerang sekaligus kapten tim Lê Công Vinh berhasil membuka skor di menit ke-20. Bahkan mereka bisa memperbesar keunggulan menjadi 2-0 setelah pemain Kamboja Nub Tola membuat gol bunuh diri di menit ke-50.

Kamboja sendiri baru bisa memperkecil kedudukan melalui gol dari gelandang Chrerng Polroth, 25 menit sebelum pertandingan usai.

Pertandingan semifinal Piala AFF 2016 sendiri dilaksanakan dengan format kandang-tandang dan leg pertama diadakan pada Sabtu (3/12) dengan laga Indonesia melawan Vietnam dan Minggu (4/12), di mana Myanmar berhadapan dengan Thailand.

Leg kedua dilaksanakan pada Rabu (7/12) dan Kamis (8/12).

Myanmar sendiri dipastikan keluar sebagai "runner up" Grup B dan berhadapan dengan juara Grup A, Thailand, setelah berhasil mengalahkan Malaysia 1-0 melalui gol tunggal bek David Htan pada laga yang digelar di Stadion Thuwunna, Myanmar, Minggu malam.