Sumsel dapat DAK untuk bangun fisik pariwisata

id dana alokasi khusus, pembangunan fisik, penunjang pariwisata, Irene Chamelyn,

Sumsel dapat DAK untuk bangun fisik pariwisata

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Irene Chamelyn (kanan)Saat memberikan keterangan pers. (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly/Aw)

Palembang (Antarasumsel.com) - Sejumlah kabupaten dan kota di Sumatera Selatan pada tahun 2017 akan mendapatkan dana alokasi khusus dari pemerintah pusat untuk pembangunan fisik kepariwisataan.

"Sudah diputuskan dana alokasi khusus (DAK) dari pusat sebesar Rp16 miliar untuk pembangunan fisik," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Irene Chamelyn di Palembang, Selasa.

Menurut dia, anggaran itu akan disalurkan ke Kota Palembang, Pagaralam, Lahat, Empat Lawang dan Kabupaten Ogan Ilir.

Ia mengatakan, anggaran itu untuk fisik, jadi tergantung masing-masing kabupaten dan kota tersebut mau memperbaiki apa.

"Akan tetapi, kami minta harus benar-benar efektif dan fokus sehingga tidak sia-sia," katanya.

Ia mencontohkan, dana Rp4 miliar yang dibangun tidak kelihatan, tetapi satu saja fokus, jadi destinasi unggulan.

Ia mengharapkan, kabupaten dan kota itu tidak setengah-setengah kalau dikasih Rp2 miliar, fokus saja di satu titik selesai.

Ia mengakui, yang mendapat anggaran itu sebenarnya, karena keaktifan kabupaten dan kota masing-masing. Jadi, pemerintah kabupaten dan kotanya dalam hal ini kepala dinas kebudayaan dan pariwisatanya yang aktif.

"Di kementerian itu mereka tidak berorientasi kecil dan besar, kalau kita cepat dapat anggaran, tetapi bagaimana keaktifan kita setiap saat," ujarnya.

Ia menuturkan, mudah-mudahan tahun depan Kampung Kapitan Palembang juga mendapat anggaran Rp1 miliar dari pusat untuk perbaikan.

"Anggaran dari Direktorat Cagar Budaya, karena itu dikawal saja untuk memperbaiki Kampung Kapitan," katanya.