Pemkot Palembang gali destinasi baru wisata sungai

Pewarta : id sungai musi, destinasi baru wisata, Asian Games, Isnaini Madani, lokasi wisata, bantaran Sungai Musi,

Pinggiran sungai Musi di Kota Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (Antarasumsel.com) - Pemerintah Kota Palembang Sumatera Selatan menggali destinasi baru wisata sungai untuk persiapan menyambut Asian Games tahun 2018.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani di Palembang, Selasa, mengatakan, sementara ini pemkot telah menginventarisasi lokasi wisata di bantaran Sungai Musi untuk kemudian dipilih yang paling layak untuk ditampilkan saat Asian Games.

"Dari Pulau Kemaro hingga Pulokerto terdapat 20 destinasi wisata, dari jumlah itu tidak semuanya layak atau dalam artian unggul. Untuk itu, akan dilakukan proses penyeleksian," kata dia.

Ia mengatakan, pemkot berencana menawarkan konsep wisata berupa "paket" wisata yakni wisatawan akan diajak ke beberapa lokasi wisata di sepanjang Sungai Musi atau tidak sebatas ke Pulau Kemaro atau ke kampung Arab saja.

"Contohnya, masih banyak yang tidak tahu bahwa di bantaran Sungai Musi ada Masjid Pulau Seribu. Ini bisa dimasukkan dalam paket wisata," kata dia.

Terkait Asian Games itu, Pemerintah Kota Palembang menargetkan jumlah wisatawan menembus angka satu juta orang pada 2017, karena kota ini akan menggelar sejumlah kejuaraan olahraga internasional untuk dijadikan uji coba pelaksanaan Asian Games XVIII 2018.

Pemerintah kota berani memproyeksi target tinggi karena pergerakan wisatawan yang berkunjung ke Palembang sudah terasa sejak tahun ini.

"Total wisatawan asing yang berkunjung ke Sumsel pada tahun ini mencapai 2 juta jiwa, dan sebagian besar dari jumlah itu ke Palembang. Jadi tahun depan, pemkot berani mematok target satu juta jiwa," kata dia.
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar